Home / Ragam / Gaya Hidup / Cara Efektif Merawat Kulit Kering biar Tetap Sehat
Ilustrasi kulit kering (Foto: Thehealthline)

Cara Efektif Merawat Kulit Kering biar Tetap Sehat

Agregasi

 

KULIT cantik dan sehat, tidak datang begitu saja. Ada sederet aturan soal cara perawatan kulit, yang bukan hanya dipatuhi namun juga harus disiplin dilakukan.

Masing-masing tipe kulit, menuntut cara perawatan yang berbeda. Maka dari itu, mengenali dan memahami tipe kulit apa yang dimiliki dengan benar wajib adanya. Agar tak salah langkah merawat dan memilih serangkaian produk perawatan kulit atau skincare dan produk make-up.

Nah, kali ini yang akan dibahas adalah tipe kulit kering. Sama halnya seperti kulit berminyak, kulit kering juga meminta cara perawatan yang khusus. Ada sederet hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk para orang yang punya tipikal kulit kering. Apa saja? Simak dulu yuk ulasan do and don’ts nya berikut ini.

Boleh dilakukan;

Eksfoliasi kulit secara rutin 

Eksfoliasi dengan rutin disebutkan adalah cara esensial dalam perawatan kulit kering. Walau tak terlihat kering, pemilik kulit kering tetap harus mengeksfoliasi kulitnya teratur satu kali dalam sepekan agar tetap bersih dan bening. Kurang rutin dieksfoliasi bisa menyebabkan datangnya jerawat di kulit kering.

Mandi air hangat

Cara sederhana namun efektif lainnya dalam merawat kulit kering ialah dengan mandi menggunakan air hangat. Daripada memakai air dingin atau panas, pemilik kulit kering dianjurkan mandi memakai air bersuhu hangat. Sebab air hangat tidak mengikis kelembapan alami pada kulit, sekaligus tidak membuat kulit terasa kering atau dehidrasi.

Pakai face oil

Pemakaian face oil di tipe kulit kering dapat sangat bermanfaat baik. Face oil memiliki kandungan properti yang menyediakan nutrisi dalam untuk kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit. Mengaplikasikan face oil di tipe kulit kering dapat menghaluskan dan melembapkan kulit. So, kulit kering terkelupas bisa dihindari.

Tidak boleh dilakukan;

Mengeringkan kulit sebelum mengoleskan moisturiser 

Aturan pertama yakni dilarang mengeringkan kulit secara keseluruhan, sebelum diaplikasikan moisturiser alias pelembap. Jika nekat, hal ini dapat membuat benteng pengaman kulit yang melindungi kulit menjadi lemah. Mencegah hal ini, jangan mengeringkan kulit benar-benar kering seutuhnya. Biarkan masih sedikit basah lalu oleskan pelembap agar lebih meresap ke kulit.

Scrub kulit dengan agresif 

Menggosok atau scrubbing kulit kering dengan agresif dapat menyebabkan kerusakan pada helai lapisan pelindung kulit. Tak perlu kasar, cukup gosok kulit perlahan-lahan dan lembut dengan gerakan memutar teratur untuk memperlancar aliran darah.

Menggunakan produk make-up tipe bubuk

Tahukah Anda orang-orang yang punya tipe kulit kering dikatakan seharusnya menjauh dari yang namanya produk make-up jenis powder atau bubuk. Tipe produk dengan tekstur seperti ini bukan hanya akan membuat kulit terlihat jadi terkelupas tapi juga dapat mengakibatkan kerusakan permanen loh! Alih-alih memilih yang jenis powder, disebutkan sebaiknya pilih dan pakai produk make-up bertekstur cair (liquid) agar menjaga tampilan dan kondisi kulit lebih sehat. Demikian seperti disitat Boldsky, Kamis (26/7/2018).

Check Also

Shell Pasarkan Helix Eco Pelumas Mobil LCGC Di Indonesia

Waspada.co.id – Shell Lubricants secara resmi meluncurkan produk pelumas mesin kendaraan roda empat Shell Helix ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: