Breaking News
Home / Ragam / Hiburan / Calvin Harris Termahal, The Chainsmokers Dongkrak EDM
foto: zimbio
foto: zimbio

Calvin Harris Termahal, The Chainsmokers Dongkrak EDM

LOS ANGELES, WOL – Majalah Forbes baru saja merilis daftar musisi electronic dance music atau EDM atau DJ dengan bayaran tertinggi untuk 2017. Berdasarkan data tersebut, Calvin Harris berhasil menjadi DJ dengan bayaran termahal.

Meski Harris tercatat sebagai yang DJ dengan bayaran tertinggi, jumlah uang yang didapat kelompok musisi EDM justru diketahui melonjak berkat ketenaran The Chainsmokers dan Marshmello.

Susunan bayaran musisi EDM dari Juni 2016 hingga Juni 2017 tersebut dibuat berdasarkan penghitungan dari data Nielsen, Pollstar, Bandsintown, Songkick serta sejumlah wawancara dari sumber dalam di industri dan DJ itu sendiri.

Hasil temuan itu belum dikurangi biaya untuk para agen, manajer, dan pengacara yang dimiliki oleh para musisi. Hasil penghitungan Forbes menunjukkan Calvin Harris menjadi musisi termahal dengan total pemasukan 48,5 juta dolar AS. Pendapatan itu diperoleh dari bayaran konser residensi di Las Vegas serta sejumlah penampilan di festival musik.

Belum lagi, beberapa kolaborasi dengan sejumlah musisi yang sukses di pasaran, seperti lagu Feels yang menggandeng Pharrell Williams, Big Sean, dan Katy Perry. Posisi runner-up ada DJ asal Belanda, Tiesto. DJ berusia 48 tahun tersebut selalu masuk dalam daftar DJ dengan bayaran termahal. Kali ini, ia mendapat bayaran 39 juta dolar AS hasil tampil 134 kali.

Peringkat ketiga diisi oleh The Chainsmokers yang melejit berkat lagu Closer duet dengan Halsey dan Something Like This bersama Coldplay. Duo DJ ini mendapat bayaran sebesar 38 juta dolar AS.

“Kami bekerja dengan musisi lain karena itu masuk akal, karena kami senang terhadap mereka,” kata Alex Pall, salah satu anggota The Chainsmokers kepada Forbes beberapa waktu lalu.

“Kapanpun kami bekerja dengan seseorang, itu karena mereka menawarkan sesuatu kepada kami kreativitas yang menginspirasi,” lanjut Pall.

Sejumlah musisi EDM terkenal lainnya, Marshmello, diketahui berada di posisi kedelapan. DJ anonim dengan topeng khas itu memiliki bayaran sebesar 21 juta dolar AS. Meski The Chainsmokers dan Marshmello di bawah Calvin Harris, kedua musisi itu tercatat mendongkrak popularitas genre EDM.

Pendapatan genre musik dugem ini naik menjadi US$298 juta, dari US$270 juta pada 2016. The Chainsmokers tercatat mencetak keuntungan berkat popularitas Closer di YouTube sebesar 1,7 miliar kali tontonan dan Something Just Like This bersama Coldplay dengan 594 juta kali ditonton. (wol/aa/forbes)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

AP

Israel Serang Kelompok Hamas Gaza

GAZA, WOL – Israel melancarkan serangkaian serangan udara dengan target kelompok Hamas di Gaza pada ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.