Home / Ragam / Hiburan / ‘Bulan Di Atas Kuburan’, Film Karya Anak Medan Tayang Besok
WOL Photo

‘Bulan Di Atas Kuburan’, Film Karya Anak Medan Tayang Besok

MEDAN, WOL – Film layar lebar Bulan Di Atas Kuburan yang disutradarai oleh anak Medan, Edo WF Sitanggang, akan tayang perdana pada 16 April besok di bioskop-bioskop Indonesia.

Film yang sudah 42 tahun usianya ini dirilis kembali dengan warna berbeda, namun tidak mengurangi isi ceritanya. Film Bulan Di Atas Kuburan sudah diproduksi tahun 1973 waktu itu dengan sutradara Asrul Sani.

Sebuah karya yang terinspirasi dari sajak karya Alm Sitor Situmorang berjudul “Malam Lebaran”. Kini film Bulan Di Atas Kuburan diproduksi oleh MAV Production, Suinshine Picture, dan FireBird Films.

Sebagai sutradara, Edo WF Sitanggang tertarik menginterpretasi ulang kisah urban tersebut dan meletakkannya dalam konteks persoalan di era masa kini. Film tersebut dibintangi oleh sederet aktor ternama, seperti Tio Pakusadewo (berperan sebagai Sabar), Donny Alamsyah (Tigor), Rio Dewanto (Sahat) plus artis kondang lainnya seperti Atiqah Hasiholan, Annisa Pagih,Mutiara Sani, Ria Irawan, Meriam Bellina, dan Andre Hehanusa.

Kepada Waspada Online saat temu pers di Medan, Rabu (15/4), Edo Sitanggang mengatakan awalnya terinsipirasi dengan sebuah karya Alm Sitor Situmorang. Isi film ini adalah mengangkat budaya, menceritakan tentang Sahat (Rio Dewanto) meninggalkan Samosir dan mengejar mimpi sebagai penulis di Jakarta.

Dalam perjalanannya, Sahat didampingi Tigor (Donny Alamsyah) teman sekampung yang ingin sukses juga di Jakarta. Sesampainya di ibu kota, Sahat enggan naskahnya diangkat menjadi sebuah film oleh Maruli (Arthur Tobing) dan dijadikan alat propaganda politik.

Tio Pakusadewo alias Sabar menambahkan, film ini merupakan tantangan baginya untuk bersosialisasi dengan budaya Batak, di mana dirinya harus beradaptasi dengan tokoh aslinya.

“Itu sangat susah. Saya kira film ini dapat memberikan pesan moral yang baik kepada masyarakat tentang sebuah kebudayaan yang jujur, di mana tiga sahabat yang menempuh dan melawan nasib yang kejam di Jakarta untuk menggapai mimpi,” ungkapnya. (wol/eko/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Maria Simorangkir, Finalis Medan Jawara Indonesian Idol

MEDAN, Waspada.co.id – Perjalanan panjang dari audisi sampai grand final akhirnya mengantarkan Maria Simorangkir, finalis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: