Home / Ragam / Kesehatan / Buah Nangka, Selain Harum Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan
Istimewa

Buah Nangka, Selain Harum Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Waspada.co.id – Geng Sehat suka buah nangka? Tidak hanya enak, buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Kita patut bersyukur karena nangka adalah buah yang tumbuh di wilayah tropis. Jadi, buah ini mudah ditemukan di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Lalu, apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan nangka? Berikut penjelasannya, seperti dilansir oleh Life Hack!

Nutrisi Buah Nangka
Selain manis, enak, dan menyegarkan, setiap bagian dari pohon nangka bermanfaat bagi dunia medis, lho. Baik itu kulit, daun, akar, bunga, dan bahkan bijinya, semuanya memiliki kualitas berbeda-beda yang bermanfaat dalam dunia medis. Maka itu, ahli sangat merekomendasikan buah ini bagi kesehatan.

Adapun nutrisi utama yang terkandung di dalam buah nangka adalah:

– Mengandung beragam vitamin, seperti vitamin C, vitamin A, thiamin, niacin, riboflavin, kalsium, potasium, zat besi, zinc, sodium, asam folik.
– Salah satu dari beberapa pohon yang kaya akan vitamin golongan B-kompleks dan vitamin B6.
– Mengandung bahan fitronutrisi seperti anti kanker, anti hipertensi, anti ulkus, dan anti inflamatori.
– Mengandung mineral, protein, dan bebas lemak serta kolesterol buruk.
– Antibakteri dan antiviral, sehingga bisa meningkatkan sistem imun.
– Rendah kalori.

Berikut 10 manfaat nangka terhadap kesehatan berdasarkan kandungan nutrisinya;

1. Penyembuh Kanker

Karena kaya akan antioksidan dan bahan fitonutrisi, ditambah dengan kandungan vitamin C, nangka bisa menyembuhkan sejumlah jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit, dan kanker prostat. Bahan-bahan yang ada di dalam nangka tersebut bisa mengatasi kerusakan sel.

2. Menurunkan Berat Badan

Di tengah meningkatnya angka obesitas, nangka bisa membantu menurunkan berat badan karena bebas lemak dan rendah kalori. Oleh sebab itu, buah ini adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi jika Kamu sedang diet.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Karena memiliki kandungan potasium tinggi, nangka menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal tersebut juga menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

4. Memperlancar Pencernaan

Nangka bisa meningkatkan sistem pencernaan ketika dikonsumsi secara teratur, karena memiliki kandungan serat tinggi. Buah ini tidak akan menyebabkan sakit perut meskipun Kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Selain itu, nangka juga dapat memperlancar pencernaan. Buah ini juga melindungi usus besar karena bisa mengangkat zat kimia karsinogenik dan mengeluarkannya dari usus besar.

5. Penyembuh Insomnia

Gangguan tidur bisa disembuhkan dengan mengonsumsi nangka, lho. Pasalnya, buah ini kaya akan magnesium dan zat besi, keduanya bisa meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Magnesium juga membantu mencegah anemia, yang merupakan salah satu penyebab utama insomnia.

6. Aman untuk Penderita Diabetes

Meskipun nangka memiliki rasa yang manis, buah ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, proses penyerapan gula dari buah ini cenderung lambat, sehingga penderita diabetes bisa mengonsumsinya dengan aman. Selain itu, nangka juga meningkatkan toleransi glukosa untuk kedua tipe diabetes.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Kulit

Karena kaya akan vitamin A, nangka sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata, dan bahkan mencegah katarak serta degenerasi makular. Selain itu, nangka juga dianggap bisa mencegah penuaan dini dengan mencerahkan wajah. Buah ini juga melindungki kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengobati kerutan.

8. Menyembuhkan Ulser

Nangka adalah salah satu pilihan obat alami ulser karena mengandung anti ulser, anti septik, anti inflamasi, dan bahan-bahan antioksidan.

9. Memperkuat Tulang

Ahli sangat merekomendasikan mengonsumsi nangka untuk menambah asupan kalsium yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Selain kalsium, nangka juga mengandung vitamin C dan magnesium, yang juga meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

10. Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf

Kelelahan, stres, dan kelemahan otot juga bisa diatasi dengan mengonsumsi nangka secara rutin. Pasalnya, buah ini kaya akan kandungan vitamin, seperti thiamin dan niacin. Nangka juga merupakan sumber energi yang baik.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nangka yang rasanya manis dan menyegarkan ini ternyata memiliki beragam khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, ya. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, aktif, dan beragam, nanas menjadi salah satu buah yang sering direkomendasikan dokter untuk meredakan sejumlah penyakit, termasuk kanker dan tekanan darah. Selain itu, nangka juga meningkatkan kesehatan kulit. Jadi, sering-seringlah mengonsumsi buah ini.  Selain mudah untuk didapatkan, khasiatnya juga sangat banyak! (vivablog/guesehat/ags/devi)

Check Also

Setelah Makan Malam, Sebaiknya Jangan Konsumsi 7 Minuman Ini

Waspada.co.id – Di malam hari, Anda perlu berhati-hati dengan apa yang Anda minum. Minum air ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: