Newsticker
WOL / Ragam / Gaya Hidup / Bikin Ayam Goreng Tepung Kerap Gagal? Mungkin Anda Lakukan 4 Kesalahan Umum Ini
foto: istimewa
foto: istimewa

Bikin Ayam Goreng Tepung Kerap Gagal? Mungkin Anda Lakukan 4 Kesalahan Umum Ini

agregasi
agregasi

 

SIAPA yang berani menolak jika disuguhkan ayam goreng tepung? Tampaknya tak ada yang berani menolak tepung renyah, ayam gurih serta tekstur yang kriuk dari ayam goreng tepung. Kecuali Anda yang sedang diet ketat.

Dilansir dari BonAppetit, Minggu (12/2/2017) berikut kesalahan yang umum dilakukan orang ketika menggoreng ayam. Kalau ingin dapat ayam goreng tepung yang mantap, perhatikan hal ini dan hindari.

Hanya menggunakan satu bagian ayam

Bagian paha dan sayap ayam adalah bagian yang paling banyak digunakan untuk membuat ayam goreng tepung. Tapi hanya menggunakan dua bagian ini adalah kesalahan besar karena banyak bagian ayam lain yang juga lezat dijadikan ayam goreng tepung misalnya bagian dada yang dipotong kecil-kecil.

Ayam dalam keadaan dingin

Jangan pernah langsung menggoreng ayam yang baru keluar dari lemari es. Ketika ayam langsung digoreng dalam keadaan dingin maka suhu minyak akan menurun drastis dan ayam tidak akan matang merata. Cara yang disarankan adalah menyimpan ayam dalam suhu ruang terlebih dulu hingga suhunya stabil, setidaknya membutuhkan waktu 30 menit.

Menggunakan minyak bersuhu rendah

Minyak memiliki titik didih yang berbeda-beda, beberapa di antaranya memiliki titik didih rendah. Jangan menggoreng ayam dengan minyak zaitun karena minyak ini punya titik didih rendah. Ayam Anda tidak akan matang sempurna sementara minyak sudah terlalu panas.

Jangan terlalu lama meniriskan di atas tisu

Ayam yang sudah digoreng biasanya langsung ditiriskan di atas rak kawat atau tisu dapur. Sebaiknya saat meniriskan di atas tisu jangan terlalu lama. Tisu akan membuat ayam menjadi lembab dan menghilangkan tekstur renyah dari ayam. Jadi yang baik adalah meniriskan ayam di atas rak kawat saja.

Baca Juga

Es Krim ala Timur Tengah (Foto: Foodstory)

Bikin Penasaran, Begini Bentuk Es Krim ala Timur Tengah

  BUKAN hanya negara dengan suhu dingin saja yang memiliki es krim khas daerahnya. Di ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.