Home / Ragam / Gaya Hidup / Berkat Aplikasi TikTok, Pria Ini Dapat Berkumpul Dengan Keluarganya Setelah 8 Tahun Terpisah
Istimewa

Berkat Aplikasi TikTok, Pria Ini Dapat Berkumpul Dengan Keluarganya Setelah 8 Tahun Terpisah

Waspada.co.id – Setelah hilang selama delapan tahun, seorang pria akhirnya bersatu kembali dengan keluarganya di China setelah netizen memasang videonya di aplikasi TikTok. Di China, aplikasi ini juga dikenal sebagai platform berbagi video Douyin (video pendek vibrato).

Pria yang diketahui bernama Zhu lei itu hilang ketika ia bekerja di Shanghai pada 18 Mei 2010. Menurut laporan Evening News Qianjiang, kala itu, ia meninggalkan seorang istri dan anak laki-laki berusia 10 tahun.

Zhu dikabarkan sempat mengemis ketika mengembara ke timur China setelah meninggalkan kampung halamannya di Anhui. Tindakannya itu berhasil membawa Zhu mencapai Huzhen, sebuah kota di Quzhou, Zhejiang.

Di kota ini, Zhu kembali mengemis di depan sebuah restoran. Setelah melihat kondisinya yang sangat memprihatinkan, Zheng Yijie, pemilik restoran, merasa kasihan kepada Zhu dan menawarinya makanan. Pemilik toko di dekat restoran itu juga membantu Zhu dengan memberi pakaian untuk menghangatkan tubuhnya.

Sebuah ide pun muncul. Zheng mulai mengambil video Zhu dan mempostingnya di TikTok pada 4 November lalu, dengan harapan video tersebut menjadi viral dan dilihat oleh orang-orang di kampung halamannya. Beberapa video Zhu sempat menjadi trending di platform media sosial tersebut, bahkan telah disaksikan oleh lebih dari 500.000 netizen.

Namun menurut sejumlah netizen, pihak keluarga akan kesulitan mengidentifikasi Zhu karena rambutnya berantakan dan janggutnya sudah tumbuh panjang. Zheng kemudian memanggil seorang pencukur rambut untuk memperbaiki potongan rambut Zhu. Upaya Zheng ternyata tidak sia-sia, tak selang berapa lama kemudian, kakak Zhu menghubunginya.

Kakak perempuan Zhu mengatakan bahwa dia mengenali saudara laki-lakinya itu dari bekas luka yang berada di lutut kirinya. Luka tersebut ia dapatkan saat berusia tujuh tahun, ketika ia tidak sengaja mengarahkan benda tajam ke lututnya. Setelah menghubungi Zheng, beberapa hari kemudian Zhu berhasil berkumpul kembali dengan keluarga dan kerabatnya di kampung halaman. Ini membutikan bahwa internet juga memiliki manfaat positif yang sering kita abaikan. Demikian dilansir dari Nextshark, Minggu (18/11/2018). (okz/data1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: