Home / Ragam / Kesehatan / Berikut 5 Langkah Mudah Mengobati Tipes
Ilustrasi (Foto: Parade)

Berikut 5 Langkah Mudah Mengobati Tipes

Waspada.co.id – Tipes termasuk salah satu jenis penyakit umum yang banyak terjadi di Indonesia. Penyakit ini terjadi akibat infeksi bakteri bernama Salmonella Typhi yang berkembang di dalam usus.

Tipes menimbulkan demam bahkan bisa mencapai angka 37 derajat celsius atau lebih. Saat gejala awal kemunculannya, tipes menimbulkan demam saat pagi atau malam hari. Selain waktu tertentu, penderita biasanya bisa berakifitas seperti biasanya. Sehingga gejala awalnya cukup sulit untuk diperhatikan.

Sebagian besar kasus tipes memang tahap awalnya bisa dilakukan pengobatan di rumah. Namun ketika gejalanya telah semakin memburuk, biasanya harus melakukan perawatan di rumah sakit. Nah, di bawah ini terdapat beberapa langkah mudah untuk membantu pengobatan tipes yang bisa dilakukan di rumah sendiri. Berikut beberapa diantaranya:

Mencukupi Cairan Tubuh
Penderita tipes juga akan lebih sering kehilangan cairan karena berbagai gejala seperti demam, mual dan muntah. Terlebih lagi, jika penderita juga disertai dengan diare yang buruk.

Sehingga cairan di dalam tubuh sangat mudah untuk berkurang bahkan hingga dehidrasi. Selain itu, air mineral juga dapat membantu menghambat serta membunuh kerja bakteri secara alami.

Beristirahat yang Cukup
Agar penyembuhan tipes lebih cepat, penderita sangat dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat. Dengan beristirahat dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan proses pengobatan juga bisa lebih efektif dengan beristirahat yang cukup.

Makan Makanan yang Halus
Sangat dianjurkan bagi penderita tipes untuk mengonsumsi jenis makanan yang lembut dan halus. Seperti bubur, nasi merah, ataupun nasi putih yang dicampur sayuran.

Bakteri penyebab tipes dapat menyerang usus hingga membuat usus lebih sensitif. Dengan makanan halus, akan membantu untuk tidak menyakiti usus danmembuatnya bisa bekerja dengan lebih baik.

Makan Lebih Sering
Sebaiknya penderita tipes harus lebih sering dan lebih banyak makan dari biasanya. Dengan cara lebih sering makan dalam porsi sedikit bisa membantu usus untuk bekerja dengan baik. Makanan juga bisa membantu menghalau perkembangan bakteri.

Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan juga menjadi hal yang penting dalam membantu pengobatan tipes. Dengan begitu, penderita bisa terhindar dari segala sumber penyakit yang hendak menyerang tubuh. Jika sudah terjadi komplikasi, penyembuhan penderita akan lebih sulit dilakukan.

Caranya bisa dimulai dengan cara mencuci tangan dengan benar sebelum atau sesudah makan. Kurangi risiko penularan dengan lebih menjaga kebersihan.

Itulah sekilas penjelasan mengenai beberapa langkah mudah membantu mengobati penyakit tipes secara alami. Semoga bermanfaat. (halloviva/ags/data2)

Check Also

Makanan Penyebab Kanker Ini Sering Anda Konsumsi?

Waspada.co.id – Kanker dikenal sebagai penyakit paling mematikan saat ini, yang merenggut banyak nyawa setiap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: