Newsticker
WOL / Ragam / Gaya Hidup / Berburu Jajanan Betawi, Nyok Datengin 3 Tempat Ini
Kerak telor khas Betawi (Foto:Devi)
Kerak telor khas Betawi (Foto:Devi)

Berburu Jajanan Betawi, Nyok Datengin 3 Tempat Ini

agregasi
agregasi

 

MESKI sekarang penduduk Jakarta kebanyakan adalah masyarakat pendatang, tapi tradisi dan budayanya tak lantas ikut tergusur. Masih banyak kesenian dan kuliner Betawi yang bisa di temui di ibu kota.

Mencari jajanan Betawi yang sudah mulai langka memang agak membingungkan, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Berikut Okezone berikan rekomendasi tempat berburu jajanan khas Betawi yang bisa dijelajah di kawasan Jakarta, nyok berangkat!

Kerak telor dan bir pletok

Mencari kerak telor saat momen ulang tahun Jakarta memang tidak sulit, tapi coba cari di hari biasa, bak mencari jarum di tumpukan jerami. Tapi kalau abang dan mpok ngidam kerak telor, datang saja ke kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan. Di kampung betawi ini Anda bisa menemukan penjual kerak telor yang mangkal setiap harinya. Selain kerak telor, ada juga bir pletok dan berbagai jajanan khas Betawi yang mulai sulit ditemui. Sambil makan kerak telor, pengunjung bisa dimanjakan teduhnya suasana danau yang tenang.

Es selendang mayang

Dahulu penjual es selendang mayang banyak berjualan keliling kampung memikul dagangannya tapi sekarang agak susah mendapati pemandangan ini. Tapi Anda masih bisa menemukan penjual es selendang mayang di kawasan Kota Tua Jakarta Barat. Di area Museum Fatahilah, kadang ada penjual es selendang mayang yang siap mengobati dahaga di tenggorokan. Semangkuk es selendang mayang bisa disantap dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 5.000.

Kue geplak

Kue geplak merupakan satu kue tradisional khas Betawi yang mungkin tidak banyak dikenal luas. Kue yang dibuat dari bahan baku tepung beras dan kelapa parut ini adalah kue tradisional yang kerap hadir di upacara adat masyarakat Betawi, misalnya pada pesta pernikahan. Kue ini sudah sulit ditemui di pedagang pinggir jalan. Anda yang penasaran dengan sensasi rasa kue geplak bisa menyambangi kawasan Pejaten Timur, Jakarta Selatan karena di sana ada sentra pembuatan kue tradisional betawi, salah satunya kue geplak ini.

Baca Juga

Es Krim ala Timur Tengah (Foto: Foodstory)

Bikin Penasaran, Begini Bentuk Es Krim ala Timur Tengah

  BUKAN hanya negara dengan suhu dingin saja yang memiliki es krim khas daerahnya. Di ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.