Home / Ragam / Gaya Hidup / Bekerja Secara Berlebihan Bisa Memperpendek Usia, Ini Penjelasannya
Ilustrasi

Bekerja Secara Berlebihan Bisa Memperpendek Usia, Ini Penjelasannya

Waspada.co.id – Rata-rata, orang menghabiskan 40 jam waktunya dalam seminggu di tempat kerja. Hal itu mungkin terlihat wajar dan biasa saja. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa bekerja terlalu berlebihan bisa mengancam kesehatan anda.

Melansir dari Webmd pada Rabu (18/7), peneliti menemukan bahwa efek terlalu kerja keras, yaitu kerja dengan waktu 61 sampai 70 jam dalam seminggu meningkatkan risiko penyakit jantung koroner hingga 42 persen. Bekerja 71 sampai 80 jam membuatnya meningkat hingga 63 persen.

Hal ini merupakan sebuah temuan yang penting mengingat penyakit jantung adalah penyebab utama kematian terbesar di seluruh dunia. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, di negara Paman Sam saja terjadi lebih dari setengah juta kematian akibat hal ini.

Sementara, dalam studi yang terbit di The Lancet menemukan, orang yang memiliki jam kerja berlebihan memiliki risiko stroke lebih tinggi daripada mereka, yang mempunyai waktu standar. Kerja lembur juga tidak mengarah pada peningkatan produktivitas. Jam kerja panjang malah membuat efisiensi Anda menurun.

Mengatur waktu kerja
Jerman merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Eropa, namun rata-rata pekerja mereka hanya menghabiskan 35,6 jam per minggu di tempat kerja.

Hal ini memang agak sulit untuk diwujudkan. Namun, ada beberapa cara untuk membuat jam kerja Anda menjadi tidak berlebihan.

Pertama, tidurlah lebih banyak di malam hari. Ini memberikan energi lebih agar bisa produktif di pagi hingga siang hari, serta membuat Anda bisa pulang kantor lebih cepat.

Selanjutnya, buatlah daftar tugas secara terorganisir setiap hari. Tandai setiap kegiatan untuk memberikan motivasi pada diri sendiri dan melewati hari dengan lebih efisien.

Ingatkan diri Anda juga, bahwa bekerja dengan jam kerja lebih sedikit memberikan banyak waktu luang dalam jangka pendek, serta mengurangi ancaman kesehatan. Kualitas hidup juga menjadi lebih tinggi dalam jangka panjang.

Bekerja memang menjadi sebuah kewajiban dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Namun, alangkah baiknya jika pekerjaan itu tidak sampai mengganggu kesehatan kita. Hal itu bisa dicapai dengan mengatur jadwal harian agar anda lebih produktif dan juga memiliki kualitas hidup yang baik. (liputan6/ags/data1)

Check Also

Seorang Pimpinan ISIS Tewas Tertembak Pasukan Koalisi

ANBAR, WOL – Salah seorang pemimpin kelompok ISIS di Provinsi Anbar, Irak, tewas akibat serangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: