Home / Ragam / Kesehatan / Begini 5 Cara Atur Pola Makan saat Puasa yang Bisa Kurangi Timbunan Lemak
Ilustrasi (Foto: Gudstory)

Begini 5 Cara Atur Pola Makan saat Puasa yang Bisa Kurangi Timbunan Lemak

agregasi
agregasi

 

PUASA selama Ramadan baik untuk tubuhmu. Kalian yang merasa kegemukan setidaknya memanfaatkan momen ini untuk menurunkan berat badan.

Saat puasa jelas tubuh tidka mendapatkan asupan makan setiap saat, sehingga kamu bisa tetap menjaga berat badan agar tetap ideal. Saat tubuhmu kehabisan glukosa, sumber energi satu-satunya saat puasa adalah lemak.

Lalu, timbunan lemak dalam tubuh akan diubah menjadi energi secara otomatis. Karena itu, saatnya kamu menghilangkan timbunan lemak yang berdampak buruk pada bulan baik ini, ya!

Konsultan Gizi Dr Razeen Mahroof dari Oxford University mengatakan, orang yang rajin puasa bisa menjaga berat badannya agar tetap ideal. Tapi saat puasa kamu harus tetap menjaga pola makan dengan baik.

Dilansir NHS, Jumat (18/5/2018), berikut adalah lima cara untuk mengatur pola makan saat ingin menurunkan berat badan di bulan puasa. Simak ulasannya berikut ini biar enggak bikin kamu salah kaprah.

1. Pola diet selama Ramadan sebaiknya sama dengan pola di bulan-bulan lainnya. Kamu harus mengikuti diet seimbang antara karbohidrat, lemak, dan protein. Perlu dicatat, kamu harus hati-hati jangan kebablasan makan berlebih saat sahur dan buka. Biasakan makan dengan porsi wajar seperti saat bulan-bulan biasa.

2. Pola makan disiplin sebaiknya diterapkan. Makan sedikitnya dua kali yakni saat sahur dan berbuka. Makanan yang kamu konsumsi usahakan tetap simpel dalam arti tidak berbeda dengan menu makanan sehari-hari di luar bulan puasa.

Kamu bisa memilih kelompok makanan ini:

Buah dan sayur

Roti, sereal, kentang

Daging dan ikan

Susu dan produk olahannya

Makanan berlemak dan manis

3. Jangan lupa, batasi jumlah makanan manis! Kamu lebih baik memilih sumber karbohidrat dan sayur serta buah.

Kamu juga harus mempertimbangkan menghindari minuman berkafein seperti teh, kopi, dan cola. Pasalnya kafein bisa menyebabkan diuretik sehingga kamu bisa cepat kehilangan cairan dalam tubuh.

4. Hindari makanan berminyak. Agar puasa kamu tetap sehat dan misi menurunkan berat badan bisa gol, kamu perlu menghindari makanan berminyak yang dimasak secara digoreng. Memang goreng-gorengan jadi godaan berat saat berbuka puasa, tapi kamu tetap harus menghindarinya karena makanan itu bisa menggagalkan misi menurunkan berat badan. Ingat, disiplin!

5. Nah, bagi kamu yang tidak ingin menjadi kurus akibat puasa dan tetap ingin mempertahankan massa otot, makanan yang kamu makan pada saat sahur harus mengandung cukup karbohidrat dan lemak. Prinsipnya sama, jangan kebablasan makan berlebihan saat berbuka maupun sahur.

Check Also

Demensia, Bukan Hanya Sekadar Pikun

Waspada.co.id – Selama ini, demensia dikenal dengan penyakit pikun atau penyakit orang tua. Anggapan ini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: