Breaking News
Home / Ragam / Batu Gantung di Danau Toba Ternyata Punya Kisah Sedih Seorang Gadis Belia
foto: Istimewa
foto: Istimewa

Batu Gantung di Danau Toba Ternyata Punya Kisah Sedih Seorang Gadis Belia

WOL – Pesona Danau Toba memang sudah diakui dunia terlebih sekitarnya banyak bukit bebatuan dan pulau kecil yang cantik. Tetapi, danau ini juga punya kisah legenda lho. Tilik saja Batu Gantung yang masih berada di kawasan danau.

Batu Gantung ini jika dilihat dengan detail dan rinci memiliki bentuk unik dan aneh. Batu tersebut mirip dengan bentuk tubuh anak gadis di mana kakinya menyatu dengan tebing bebatuan. Menurut masyarakat sekitar, batu tersebut merupakan jelmaan dari Seruni.

Seruni adalah anak sepasang suami istri yang hidup di sebuah desa di Kota Parapat. Anak perempuan tersebut terkenal karena paras wajahnya yang begitu cantik dan menawan.

Kedua orangtua Seruni bekerja sebagai petani dan ia pun sering membantu orang tuanya ketika bekerja. Seiring bertumbuhnya usia, ia mulai jatuh cinta dengan seorang pemuda desa.

Namun, dalam waktu bersamaan kedua orang tuanya rupanya sudah menjodohkan Seruni dengan sepupunya sendiri. Hal ini lantas membuatnya galau berat, karena ia begitu mencintai pemuda pilihannya.

Kemudian, ia pun banyak merenung bersama anjingnya bernama Toki. Ia tidak kuat memikirkan permasalahan hidupnya karena jika menolak perintah orangtua. Ia takut menjadi anak durhaka.

Lalu, ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat ke Danau Toba. Namun, ketika ia sedang berlari, ia terperosok ke dalam lubang yang berisikan bebatuan. Hanya Toki, anjingnya yang menyaksikannya.

Seruni pun meminta pertolongan, namun ia menyadari jika lebih baik ia mati dibandingkan harus hidup menderita. Ia kemudian teriak “parapat…parapat…” tanpa tau apa makna dari kalimatnya tersebut. Toki pun bergegas untuk memberitahukan kepada kedua orangtua Seruni.

Dan, orangtuanya kemudian mengikuti Toki hingga lubang tempat Seruni jatuh. Ayahnya berusaha untuk membantunya, namun lubang begitu sempit dan tiba-tiba tanah bergemuruh sangat kecang, sehingga membuat warga dan kedua orangtuanya pun berlari menyelamatkan diri.

Tetapi nahas, Seruni tidak berhasil diselamatkan. Kemudian pas keesokan harinya ingin mencari jejak Seruni, baru munculah sebuah batu di ujung tebing yang menyerupai tubuh gadis. Masyarakat pun mengira batu tersebut merupakan jelmaan Seruni dan dinamakan batu gantung karena memang batu menggantung di ujung tebing.(wol/okezone/data1)

Check Also

foto : people

8 Tahun Nikah, Fergie dan Josh Duhamel Bercerai

LOS ANGELES, WOL – Setelah delapan tahun menikah, pasangan Stacy Ferguson atau dikenal dengan Fergie ...

  • Dessiy Des

    Hai Teman, Kawan, Dan Sobat_Ku Jenuh DaLam Kesendirian Dalam Hidup Sehari2 yuk Ikut Gabung Main Games OnLine Saja BB : 593E802C , WA : 0818 0723 359 / YM : cs1_d88b ( -cm-b1 )

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.