Home / Ragam / Kesehatan / Bangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Asupan Ini
Ilustrasi. (Foto: Hellosehat)

Bangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Asupan Ini

Waspada.co.id SAAT ini Indonesia sedang berada pada puncak musim kemarau, yang berarti sebentar lagi kita akan memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Seperti diketahui musim pancaroba sering dikaitkan dengan berbagai penyakit.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan khusus untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan kuman-kuman penyakit. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan mengandung senyawa anti-bakteri dan nutrisi sehat lainnya.

Dilansir Okezone dari Times of India, berikut 5 bahan makanan yang ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe

Tanaman herbal ini dikenal sebagai sumber kromium, magnesium, dan seng yang dapat meningkatkan aliran darah. Kandungan senyawa tersebut juga dipercaya dapat menangkal demam dan virus influenza.

Tidak hanya itu, jahe yang dicampurkan dengan sedikit madu dapat membantu meyembuhkan masalah pernapasan dan memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah serangan virus penyakit seperti batuk, influenza, dan infeksi yang disebabkan peradangan pada tubuh. Tak heran jika para ahli nutrizi merekomendasikan bumbu masakan ini untuk dikonsumsi secara rutin, terutama selama musim hujan.

Teh hijau

Teh hijau diklaim dapat meningkatkan kekebalan dan mengoksidasi tubuh. Varietas teh asal Negeri Sakura Jepang ini juga mengandung sejumlah nutrisi baik seperti zat besi, kalsium, vitamin C, dan vitamin. Selain itu, teh hijau memiliki sifat antiobiotik yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.

Jeruk

Buah-buahan citrus seperti jeruk dan lemon adalah sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Masukkanlah buah-buahan tersebut pada menu diet Anda untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi penyakit.

Daun tulsi

Satu lagi tanaman herbal yang ampuh untuk melawan infeksi bakteri dan jamur adalah daun tulsi. Anda bisa mencampurkan daun tulsi untuk membantu meningkatkan pertahanan tubuh Anda dan mengusir kuman-kuman penyakit. (mrt/eli)

Check Also

10 Penyebab Lidah Berwarna Kuning, Tak Selalu Berbahaya Tapi Harus Waspada

  BANYAK cara untuk mengidentifikasi kesehatan seseorang. Salah satunya melihat kondisi anggota tubuh tertentu seperti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: