Home / Ragam / Gaya Hidup / Bahaya Berikan Bubur Bayi Organik Kaki Lima Tanpa Izin Edar BPOM
Ilustrasi (Foto: Healthylivingmadesimple)

Bahaya Berikan Bubur Bayi Organik Kaki Lima Tanpa Izin Edar BPOM

agregasi
agregasi

 

BELAKANGAN ini banyak pedagang kaki lima yang khusus menjual bubur bayi siap saji. Mereka mengklaim bubur tersebut menggunakan bahan organik dan aman bagi kesehatan si kecil.

Tapi sayang, banyak ibu-ibu percaya dengan produk tersebut karena berlabel makanan tanpa pengawet. Bubur tersebut juga dianggap praktis karena langsung diberikan kepada bayi.

Mulai sekarang jangan lagi memberikan makanan tersebut untuk si kecil ya, Moms! Sebab dokter tidak setuju jika orangtua memberikan makanan tersebut untuk bayi.

Konsultan Nutrisi Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan FKUI/RSCM Dr dr Damayanti R Sjarif SpA(K) menegaskan, Bubur bayi organik itu telah dinyatakan tidak higienis dan tidak aman dikonsumsi. Apalagi kalau tidak ada izin edar dari BPOM RI.

“Tahu tidak itu makanan bahannya isi apa yang sebenarnya. Bubur itu tidak jelas komposisinya, resepnya ganti-ganti,” ujarnya saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Di samping itu, tambah dia, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh timnya, bubur organik tersebut ternyata dicek banyak kuman. Bubur tersebut dimasak panas, lalu disimpan di suhu yang tidak sesua.

suapin bayi

Sementara Dr Damayanti menyebutkan bahwa kuman akan mudah berkembang biak di bawah suhu 5 derajat Celcius. Kemungkinan besar bubur tersebut mengandung banyak kuman pemicu penyakit.

“Karena banyak kuman, anak bisa diare kalau diberi makan bubur itu. Ditambah higienitasnya juga kurang, jadi semakin parah,” terang dia.

Dia mengatakan, saat Anda tidak memungkinkan memberikan MPASI anak yang dibuat sendiri di dapur, tak salah jika memberikan bubur bayi terfortifikasi. WHO sudah menyetujui standar aman panganan instan itu, daripada membeli bubur jadi yang kurang jelas.

“Para ibu harus pintar, kalau pilih makanan untuk anak seharusnya ada izin edar BPOM. WHO saja sudah menyetujui bubur kemasan berbagai merek di Indonesia, tapi kenapa kalau kita malah barangnya dihina-hina,” tegasnya.

Check Also

BPOM Sebut Obat PCC Sudah Dilarang Sejak 2013

KENDARI, WOL – Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) RI, secara serentak telah menurunkan tim ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: