Home / Ragam / Kesehatan / Awas! Tidur Larut Malam Picu Resiko Obesitas Pada Anak
foto: parenting-dream

Awas! Tidur Larut Malam Picu Resiko Obesitas Pada Anak

Waspada.co.id – Kesehatan yang baik dapat diraih dengan pola hidup yang sehat. Terutama saat masih dalam masa pertumbuhan, Anak harus mendapatkan kualitas tidur yang maksimal dan tak larut malam.

Sayangnya sebagian orang tua mungkin belum menyadari pengaruh buruk bila anak tidur larut malam. Tak jarang ada juga orangtua yang masih meremehkan waktu tidur sehat anak. Berikut alasan anak tidak boleh tidur larut malam seperti mengutip Step to Health pada Senin (30/7).

1. Sulit konsentrasi
Kualitas tidur yang buruk memiliki efek negatif pada kesehatan mental anak. Tidak cukup tidur dapat membuat anak kurang waspada secara mental dan tidak dapat berkonsentrasi pada kegiatan mereka.

Selain itu, tidur terlalu larut dapat menyebabkan si kecil menjadi malas dan kurang aktif.

2. Kantuk sepanjang hari
Tidur terlalu larut bagi Si Kecil dapat menyebabkan mereka menjadi malas dan selalu merasa kantuk di siang hari. Wakti tidur yang kurang dapat membuat anak menjadi lelah dan mengantuk sepanjang hari. Hal itu dapat menyebabkan aktivitas mereka menjadi terhambat dan kurang produktif

3. Anak cepat lelah
Anak-anak juga dapat merasa lemas dan lelah karena kualitas tidur yang buruk. Mereka pun bisa jatuh dalam keadaan ‘sangat waspada’ yang dapat menyebabkan gangguan tidur yang lebih merepotkan. Hal itu karena keadaan tersebut dapat meningkatkan sekresi hormon seperti adrenalin yang membuat otak tetap terjaga.

4. Meningkatkan risiko obesitas pada anak
Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa terlambat tidur atau tidur terlalu larut dapat menjadi faktor risiko obesitas. Saat tidur tersebut kemungkinan anak mengonsumsi sesuatu yang membuat berat badannya meningkat.

Selain itu tidur larut malam. Hungry gene juga termasuk salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menderita obesitas karena dipengaruhi oleh faktor genetik. Metabolisme yang lambat bagi para pengidapnya, membuat makanan tidak dapat tercerna dengan baik sehingga menyebabkan obesitas. (liputan6/ags/devi)

Check Also

Diduga Kejar Target, Komisi B Batalkan RDP Dengan Pihak Rumah Sakit

MEDAN, Waspada.co.id – Diduga kejar target konsultasi dan bimbingan teknis keluar kota untuk mendapatkan uang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: