_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Awas Terjebak Dalam Gaya Hidup Mewah
Ilustrasi

Awas Terjebak Dalam Gaya Hidup Mewah

Waspada.co.id – Terkadang gaya hidup bisa membuat permasalahan dalam sebuah pertemanan. Ada orang yang terjebak dalam lingkaran pertemanan yang gaya hidupnya mewah, padahal dia sendiri tidak memiliki cukup uang untuk mengikutinya. Entah itu meminjam orang lain, menggunakan tabungan, atau bahkan yang tergolong nekat seperti mencuri. Semuanya dilakukan agar ia tidak dikucilkan oleh lingkaran pertemanannya.

Psikolog klinis dewasa, Arrundina Puspita Dewi, menjelaskan bahwa untuk tetap bertahan dalam lingkaran pertemanan yang gaya hidupnya mewah tidak masalah. Sebab dalam pertemanan ada kebutuhan emosional yang juga terpenuhi sehingga memberi kenyamanan dalam diri seseorang. Hanya saja, jangan lupa untuk membuat batasan bagi diri sendiri.

“Ketika pertemanan justru lebih banyak merugikan dan destruktif karena ada kebiasaan yang tidak bisa diikuti, tanyakan pada diri sendiri, sebenarnya apa yang didapatkan dari pertemanan ini? Sebandingkah kebutuhan yang terpenuhi dengan apa yang dilakukan atau dikorbankan?’ Jika tidak, jelaskan ke teman kalau ada hal-hal atau kebiasaan yang tidak bisa diikuti,” tutur Puspita dilansir dari laman okezone, Minggu (28/7).

Puspita juga mengatakan, teman yang baik akan memahami keadaan yang dialami oleh temannya. Mereka akan tetap menerima kondisi temannya dan tetap menjaga hubungan. Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya, di mana teman tersebut malah menjauh karena ada seseorang yang tidak bisa mengikuti gaya hidup di lingkaran pertemanan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk ditinggalkan.

“Hal itu bisa dijadikan alarm bahwa pertemanan yang terjalin selama ini tidak sehat. Dalam gaya hidup pertemanan, memang harus dibuat prioritas, mana kebutuhan primer, mana yang tersier. Jangan sampai yang tersier mengganggu yang primer,” tutup Puspita.(wol/okz/data2)

Check Also

Remaja 14 Tahun Calonkan Diri Jadi Gubernur AS 

VERMONT, Waspada.co.id – Ethan Sonneborn  membuktikan dirinya bukan remaja biasa. Berusia 14 tahun, remaja yang mengaku suka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.