Home / Ragam / Kesehatan / Atasi Sembelit dengan Makan 5 Buah Ini, Mudah Dicari Kok
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Atasi Sembelit dengan Makan 5 Buah Ini, Mudah Dicari Kok

agregasi
agregasi

 

MASALAH pencernaan yang dapat menyerang kapan saja tentu membuat kita kesal. Terlebih, jika kita hendak bertemu dengan pacar atau klien. Perut terasa melilit, kembung, belum lagi frekuensi buang air besar yang kurang lancar, memang mampu membuat suasana hati seharian menjadi rusak karena merasa risih dan gelisah sepanjang hari.

Jika sedang mengalami sembelit, ada baiknya untuk tidak langsung mengonsumsi obat-obatan kimiawi. Sembelit bisa diatasi dengan cara alami, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Melansir Ndtv, berikut uraian singkat lima buah terbaik untuk mengatasi sembelit.

1. Apel

Seperti yang tertera dalam buku, ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing House, apel hadir sebagai buah yang memiliki serat pektin, di mana serat pektin ini memiliki sifat sebagai tindakan amfoter, dapat memberikan bantuan dari sembelit dan diare, tergantung pada kebutuhan tubuh.

2. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C dan serat ini dapat membantu pencernaan, jeruk juga merupakan sumber naringenin yang baik, flavonoid yang menurut beberapa penelitian disebutkan dapat bekerja seperti pencahar. Jeruk juga bisa dijadikan sebagai camilan ringan atau sebagai salad.

Adapun cara terbaik untuk makan jeruk adalah dengan mengonsumsinya sebagai buah utuh dan mentah, alih-alih diolah jadi minuman jus yang malah bisa menghilangkan banyak serat baik yang ada di dalam jeruk.

3. Pisang

Kandungan serat tinggi dalam pisang dapat bekerja baik untuk menenangkan efek sembelit. Mengonsumsi piusang dapat membantu mendorong sampah-sampah di sistem pencernaan bisa terbuang lebih baik.

4. Beri

Buah beri, contohnya raspberry diketahui menyediakan delapan gram serat dalam ukuran satu cup (sekira 123 gram). Sedangkan, menurut buku, ‘Healing Foods’, memakan buah mulberry dapat memperkuat saluran pencernaan dan meredakan rasa kembung dan sembelit.

Dikonsumsi langsung mentah-mentah atau digunakan sebagai taburan untuk sereal, pada dasarnya buah-buahan beri tetap menyenangkan dan bernutrisi untuk dimakan.

5. Ara

Disebutkan sebagai buah yang jadi sumber serat yang fantastis, di mana serat ini sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Check Also

Tidak Rugi Sering Konsumsi Pepaya & Jagung, Ini 8 Manfaat Sehatnya

  BERBAGAI penelitian telah mengatakan bahwa buah dan sayur merupakan makanan yang bernutrisi tinggi. Buah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: