Home / Ragam / Kesehatan / Atasi Sembelit dengan 5 Pilihan Makanan Ini
Ilustrasi

Atasi Sembelit dengan 5 Pilihan Makanan Ini

agregasi
agregasi

 

KETIKA sembelit rasanya perut tidak nyaman sekali dan Anda harus segera mencari obatnya. Nah, andalkan saja obat rumahan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah tersebut.

Biasanya dengan mengonsumsi pilihan makanan yang tepat Anda bisa mengatasi sembelit. Paling tidak jauhi dulu sumber makanan yang memicu gangguan pencernaan itu, kemudian memilih ragam makanan yang benar.

Ada beberapa pilihan makanan yang dapat mengatasi sembelit tersebut direkomendasikan. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Readerdigest, Senin (16/7/2018).

Minyak biji wijen

Bahan sederhana ini dapat mengatasi sembelit, karena mampu melumasi jalannya usus. Fases Anda jadi tidak keras jika konsumsi bahan ini. Lebih enak lagi minyak biji wijen ini disantap dengan salad sayuran atau sereal.

Buah-buahan

Aneka buah-buahan dikenal kaya serat dan bertindak mencegah gangguan pencernaan. Usahakan untuk makan buah seperti apel, semangka, jeruk, pisang, dan sebagainya. Kalau lapar, tak ada salahnya Anda makan buah sebagai pengganjal dan pastinya buah rendah kalori.

Teh mint dan jahe

Minuman teh mint ditambah dengan jahe bisa melemaskan otot saluran pencernaan. Terlebih jahe ada juga efek menghangatkan perut. Para ahli juga menyebutkan bahwa minuman ini sama dengan pencahar alami untuk mengatasi sembelit.

Aneka pangan mengandung lemak sehat

Minyak zaitun, kacang, dan alpukat semuanya mengandung lemak sehat. Makanan ini dapat membantu melumasi usus dan meredakan sembelit. Nah, sebagai kombinasi makanan tersebut dapat dipadukan dengan sayuran hijau. Pastikan Anda mengonsumsi setiap hari karena sama saja sebagai pencahar alami.

Air jeruk nipis

Asam sitrat dari air jeruk nipis bertindak sebagai stimulan untuk sistem pencernaan Anda. Di samping itu, fungsinya dapat membantu membuang racun dari tubuh Anda. Peraslah jeruk nipis, lalu seduh dengan air hangat. Minumlah saat perut sedang mulas hingga rasa itu hilang.

Check Also

Makan Buah di Pagi Hari Cegah Asam Lambung

WOL – Saat sarapan, daripada makan kue atau roti tawar untuk mengisi perut kosong lebih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: