Breaking News
Home / Ragam / Kesehatan / Atasi Nyeri di Leher Dengan Tips Sederhana
Ilustrasi (foto: bp.blogspot.com)

Atasi Nyeri di Leher Dengan Tips Sederhana

Waspada.co.id – Nyeri leher adalah rasa pegal tidak tertahankan di daerah leher hingga bahu. Penyebabnya ada banyak, mulai dari terlalu lama duduk di depan komputer, terlalu banyak mengangkat barang berat, hingga salah tidur.

Untuk mengatasi rasa nyeri pada leher ini, ensiklopedia ADAM (Animated Dissection of Anatomy for Medicine) yang merupakan lembaga penyedia informasi kesehatan ternama di Amerika memiliki tips jitu untuk mengatasi masalah ini.

Kira-kira apa saja tips untuk meredakan rasa nyeri di leher yang tidak tertahankan ini? Berikut adalah ulasannya untuk kamu!

1. Kurangi aktivitas selama beberapa hari
Salah satu penyebab leher nyeri adalah aktivitas yang berlebihan. Untuk itu ada baiknya kamu mengurangi aktivitas terutama aktivitas yang terlalu membebani bagian pundak dan leher. Setelah beberapa hari, leher kamu akan terasa lebih enak dan nyaman.

2. Lakukan senam ringan
Untuk memberikan rasa nyaman lebih cepat pada leher, ada baiknya kamu melakukan senam pemanasan ringan untuk bagian leher. Misalkan memutar-mutarkan kepala dan pundak ataupun menggerakkan kepala ke arah kanan dan kiri agar otot leher terasa lebih rileks.

3. Lakukan pijat-pijat ringan di bagian leher dan pundak
Memijat bagian leher dan pundak yang nyeri juga bisa kamu lakukan, tetapi pemijatan harus dilakukan dengan pelan dan lembut agar tidak terlalu membebani bagian yang sakit. Memadukan pijat dengan kompres dingin juga baik untuk menghilangkan rasa nyeri dengan cepat.

4. Cobalah tidur tanpa bantal atau dengan bantal khusus penunjang leher
Salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa nyeri di leher adalah dengan mensejajarkan kepala dan pundak saat tidur. Untuk itu tidur tanpa bantal adalah solusi terbaik, tetapi jika kamu merasa kurang nyaman maka kamu bisa menggunakan bantal penunjang leher yang bisa mengurangi beban pada leher saat tidur.

5. Konsumsi obat pereda nyeri
Untuk lebih membantu proses penghilangan rasa nyeri, kamu bisa mencoba mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Contohnya adalah obat seperti asetaminofen dan ibuprofen yang bekerja secara cepat di pusat rasa nyeri, tetapi pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obatnya ya!

Jika sakitnya sudah tak tertahankan, segera hubungi dokter. Jangan sepelekan leher yang sakit ya! (idntimes/dina/data1)

Check Also

96 Kantong Darah Siap Bantu Anak Penderita Kanker

Waspada.co.id – Sebanyak 96 kantong darah berhasil terkumpul melalui kegiatan Donor Darah Yayasan Ongkologi Anak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: