Home / Ragam / Aplikasi TOBAsmile Siap Dorong Danau Toba Sebagai Wisata Dunia
(WOL Photo)

Aplikasi TOBAsmile Siap Dorong Danau Toba Sebagai Wisata Dunia

TOBA SAMOSIR, Waspada.co.id – Bank Indonesia optimistis aplikasi TOBAsmile bisa semakin menaikkan peringkat Danau Toba di mesin pencari Google.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan wisatawan ke kawasan tersebut dan mendukung Pemerintah dalam mendorong satu juta wisatawan untuk Danau Toba.

Disampaikan Kepala Departemen Regional I Suhaedi di Laguboti, mengatakan, untuk mendukung Danau Toba sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia diperlukan promosi termasuk melalui informasi.

“Walau saat ini Danau Toba masih lebih banyak dicari di mesin pencari google dibandingkan 9 destinasi wisata lainnya yang juga ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata utama Indonesia, tetapi harus lebih ditingkatkan,” tuturnya pada Soft Launching TOBAsmile di Institute Teknologi Del, di Laguboti, Jumat (16/11).

BI siap mendukung perkembangan Danau Toba melalui pengembangan pasar digital melalui konten – konten digital yang kreatif dalam berbagai format.

“TOBAsmile hasil kerja sama dengan PT Hagatekno, developer sharing business berbasis IT and media itu masih sebatas platform Android,” terangnya.

Namun ke depannya akan dikembangkan masuk ke IOS yang berisi serba serbi informasi kawasan strategis pariwisata Danau Toba.

Pejabat Sementara Kepala Perwakilan BI Sumut, Hilman Tisnawan menuturkan bahwa tingkat pencarian di Danau Toba di Google baru mencapai 335.000 kali per tahun atau jauh di bawah pencarian Bali yang sudah 1.980.000 per tahunya.

Untuk di instagram, postingan tentang Danau Toba juga masih rendah atau 300.000 per tahun dari Bali yang sudah 42.078.055 postingan.

“Karena untuk mengukur seberapa populer suatu tempat wisata atau lainnya adalah tingkat pencarian di internet seperti Google dan termasuk jumlah posting warganet melalui instagram dan facebook,” jelas Hilman.

Hilman menegaskan, agar benar – benar bagus, agen ‘content creator’ itu dharapkan dan dipersiapkan BI dari penduduk asli Danau Toba yang mengetahui benar daerahnya sehingga promo atau postingannya benar – benar sesuai dan bagus.

Untuk itu, ujar Hilman, tim Hagatekno dan BI sudah mulai membuat pelatihan dengan materi pelatihan Transformasi Digital dan Budaya Digital dan lainnya termasuk modul Google Business .

Hilman menambahkan, dengan adanya informasi lengkap di TOBAsmile, diharapkan wisatawan semakin tertarik berkunjung ke Danau Toba.

“Belum bisa dipastikan berapa banyak aplikasi TOBAsmile diunduh karena masih terus dilakukan pengembangan.Namun dengan adanya aplikasi itu informasi tentang Danau Toba semakin banyak,”pungkasnya.(wol/eko/data1)

Check Also

Hingga 2018, LPS Catat 89 BPR Dilikuidasi

MEDAN, Waspada.co.id – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat ada 89 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: