Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Antisipasi Penurunan Hunian, Hotel di Danau Toba Turunkan Tarif
WOL Photo/Ist

Antisipasi Penurunan Hunian, Hotel di Danau Toba Turunkan Tarif

MEDAN, Waspada.co.id – Mengantisipasi penurunan kunjungan wisatawan ke Danau Toba, hotel di sekitar kawasan tersebut menurunkan tarif dengan menggelar paket Ramadhan Hot Deal, kata GM salah satu hotel di Parapat.

General Manager Siantar Hotel Parapat (SHP), Janter Sidabutar, berbicara kepada wartawan di Medan, Selasa (15/5), menjelang datangnya Ramadhan 1439 H pada Kamis (17/5).

1Dia mengatakan setiap hari besar keagamaan seperti Ramadhan, hotel di sekitar kawasan Danau Toba selalu berupaya mempertahankan kunjungan dengan masing-masing strategi. “Kalau jumlah wisatawan menurun, otomatis pun akan berimbas. Saat seperti inilah hotel membuat paket Ramadhan.”

“Harapannya dengan paket Ramadhan ini, kamar hotel tetap terisi dan tidak turun terlalu drastis” kata Janter. “Kalau kami di Siantar Hotel Parapat menyiasatinya dengan tiga hal. Pertama penurunan tarif kamar, kedua pilihan free breakfast atau free makan sahur dan ketiga late check out.”

Soal tarif misalnya menjadi Rp350 ribu per malam dari sebelumnya Rp429.000, kata Janter. “Didalamnya sudah termasuk sarapan atau juga sahur,” tambahnya. Bahkan, kata dia, untuk mempertahankan tingkat hunian, hotel juga membuat late check out sampai  pukul 15.00 WIB.”

“Begini ya, biasanya kalau resort dalam kondisi normal sampai pukul 12.00 WIB namun selama Ramadhan ini menjadi lebih lama. Kadang kan tamu masih ingin berlama-lama ya kita kasi kesempatan mereka sampai menjelang sore,” jelasnya.

Dia mengatakan late check out menjadi keuntungan tersendiri bagi para tamu. “Setidaknya mereka bisa berlama-lama di sekitaran Danau Toba. Jadi walapun Ramadhan, promo tentang Danau Toba harus dilakukan para stake holder. Tujuannya turut mendorong upaya pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama di Indonesia,” tuturnya.

Saat disinggung wartawan strategi apalagi yang dilakukan, Janner menyatakan mereka mempersiapkan bukber lake view. “Ini unik. Buka puasa bersama sambil menghadap Danau Toba. Ya dengan Rp65.000 per orang, minimal 20 orang, mereka sudah bisa buka puasa menghadap danau,” tuturnya.

Dia mengingatkan semua program yang mereka tawarkan berlaku dari 20 Mei sampai 13 Juni 2018. “Prinsipnya kita ingin tetap menjaga arus kunjungan ke Danau Toba sebagai langkah menopang pemerintah dalam memajukan industri pariwisata di kawasan ini,” ujarnya. (wol/ags/min/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

LAPK: Pemerintah Harus Evaluasi Total Sistem Pelayaran Nasional

MEDAN, Waspada.co.id – Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen mengemukakan pentingnya pemerintah mengevaluasi total sistem pelayaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: