Newsticker
WOL / Ragam / Gaya Hidup / Anak Pertama Lebih Pintar, Mitos atau Fakta?
Seputar anak pertama (Foto: Thenypost)
Seputar anak pertama (Foto: Thenypost)

Anak Pertama Lebih Pintar, Mitos atau Fakta?

agregasi
agregasi

 

ANAK pertama atau anak sulung sering dikaitkan dengan kemampuan yang lebih baik dibandingkan adik-adiknya. Apakah ini mitos atau fakta?

Berdasarkan penelitian terbaru dari Universitas Edinburgh di Skotlandia, anak pertama lebih cerdas di banding anak-anak berikutnya yang lahir dari rahim yang sama. Karena secara umum, orangtua menghabiskan lebih banyak waktunya untuk mengajari anak tertua tentang bagaimana berpikir dan memecahkan masalah.

Akibatnya, anak sulung dalam keluarga memiliki IQ lebih tinggi dari saudara mereka. Perbedaan ini muncul sejak usia 1 tahun menurut The Telegraph.

Menurut para peneliti di Universitas Edinburgh, sebanyak lebih dari 5.000 anak menunjukkan bahwa anak pertama lebih pintar dari saudaranya. Hasil ini terlihat setelah para peneliti mengumpulkan tes IQ mereka setiap dua tahun dari pra-lahir sampai usia 14 tahun.

Dilihat dari faktor sosio-ekonomi dan latar belakang keluarga, para peneliti menemukan bahwa anak-anak sulung, dimulai pada usia 1, terbukti lebih baik daripada adik-adik mereka dalam membaca, matematika, komunikasi verbal, dan kesadaran umum, menurut BBC.

Dr Ana Nuevo-Chiquero yang memimpin penelitian mengatakan bahwa ini tidak berarti anak pertama mendapatkan lebih banyak kasih sayang dari orangtuanya. Namun masing-masing anak tetap mendapatkan kasih sayang yang sama.

“Tetapi mereka mendapatkan perhatian lebih, terutama di tahun-tahun pembentukan penting,” ujar Dr Nuevo-Chiquero dikutip dari Nypost, Jumat (10/2/2017).

Untuk sebagian besar orang, tidak sulit memahami bagaimana dan mengapa fokus serta kemampuan orangtua mengurus anak kedua dan seterusnya berbeda dengan anak pertama. Karena itu, tak heran jika kita banyak melihat anak sulung yang memiliki kemampuan lebih baik dari saudaranya.

Baca Juga

foto : instagram/tikeprie

8 Tahun Menunggu, Surya Saputra dan Cynthia Lamusu Dikaruniai Anak Kembar

WOL – Setelah menunggu selama 8 tahun, akhirnya perjuangan dua artis Indonesia yakni Surya Saputra ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.