_
Home / Ragam / Kesehatan / Anak Batuk Bolehkah Langsung Dikasih Obat Sirup?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Anak Batuk Bolehkah Langsung Dikasih Obat Sirup?

agregasi
agregasi

 

KETIKA anak batuk, biasanya Moms segera memberikan obat sirup agar cepat reda. Tapi bolehkah hal itu dilakukan?

Sebaiknya jangan dulu Moms, karena sebenarnya batuk bisa reda sendiri tanpa diobati. Kecuali kalau anak batuk waktunya lebih dari dua minggu dan disertai dengan gejala penyerta lainnya.

Dikatakan Spesialis Anak dr Herbowo Agung Soetomenggolo SpA, flu dan batuk yang sering terjadi di Indonesia rata-rata penyebabnya katena virus. Batuk ini dapat sembuh sendiri tanpa perlu diberikan obat.

“Obat batuk itu bukan buat menyembuhkan sebenarnya. Sebaiknya anak enggak usah langsung diberikan,” kata dr Herbowo saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis 22 Desember 2016.

Kecuali Moms, jika si kecil mengalami batuk yang sampai mengganggu aktivitasnya. Semisal anak sering batuk, disertai muntah, nafsu makan anak hilang, sesak napas, dan lain sebagainya.

“Kalau batuknya sampai parah terus enggak sembuh dari tiga minggu langsung dibawa ke dokter. Kemudian ada obat batuk yang aman diresepkan,” katanya lagi.

Ditambahkan dr Herbowo, apabila batuk anak tidak parah, 75-90 persen dapat sembuh sendiri tidak lebih dari seminggu. Penanganannya lebih banyak berikan minum banyak air putih, makan sayur dan buah, dan hindari makanan serba instan yang juga mengandung MSG.

Check Also

Lakukan Ini Jika Anak Susah Makan

WOL – Saat berusia 1 tahun, masalah yang sering dihadapi orangtua adalah anak yang sukar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.