Breaking News
Home / Ragam / Kesehatan / Alergi Dapat Pengaruhi Aspek Psikologis
Istimewa
Istimewa

Alergi Dapat Pengaruhi Aspek Psikologis

WOL – Tidak hanya secara fisik, alergi protein susu sapi juga berkaitan erat dengan aspek psikologis orangtua dan si Kecil.

Alergi protein susu sapi dapat memengaruhi keceriaan si kecil, karena merasa dibatasi dalam memilih makanan dan merasa tidak sama dengan teman-teman seusianya. Hal ini dapat memperbesar stres pada si Kecil, terutama saat si Kecil harus mengambil keputusan sendiri tentang makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., Psi. mengatakan bahwa orangtua pun merasakan dampak signifikan pada tingkat stres. Dalam artikel ilmiahnya, Walkner, Warren, dan Gupta (2015) memaparkan berbagai temuan penelitian bahwa alergi pada salah satu anggota keluarga secara signifikan mempengaruhi menu makan untuk keluarga, yang pada akhirnya mempengaruhi perencanaan belanja mereka juga.

“Hal yang sebenarnya bukan merupakan tantangan bagi sebagian besar keluarga menjadi hal yang rumit bagi keluarga yang anaknya mengidap alergi,” tuturnya.

Keluarga-keluarga ini jadi lebih sering menghindari acara keluarga, pesta, atau berlibur keluar kota, bahkan melarang si kecil datang ke pesta ulang tahun teman atau ikut berkemah.

“Padahal si Kecil membutuhkan kesempatan bersosialisasi untuk meningkatkan keterampilan sosialnya, dan seringkali merekapun meminta kepada orangtuanya untuk diijinkan ikut berbagai aktivitas bersama teman. Ini yang membuat sebagian orangtua menjadi kewalahan dan stress,” katanya.

Tak hanya cemas memperhatikan tumbuh kembang si kecil, tetapi orangtua juga menghadapi beban ekonomi, seperti biaya pengobatan dan penyembuhan terhadap reaksi alergi yang dialami oleh si Kecil dan juga beberapa gangguan dari dampak jangka panjang alergi terhadap si Kecil. Tentunya ini yang disebut memberikan tekanan psikologis dan mempengaruhi kualitas hidup si Kecil dan juga keluarga.

“Si Kecil yang memiliki alergi protein susu sapi rentan mengalami stres dan kecemasan berlebih karena keterbatasan mereka. Apalagi susu sapi juga agak sulit dihindari karena tersaji dalam bermacam makanan dan minuman sehingga orangtua sering merasa khawatir. Jika orangtua tidak menangani alergi protein susu sapi pada si Kecil dengan tepat, maka ia bisa tumbuh menjadi si Kecil yang kaku, pencemas dan menghindari pergaulan,” ungkapnya.

Anna Surti melanjutkan tidak maksimalnya kondisi si Kecil bisa jadi membuat si Kecil menjadi kurang ceria, dan gangguan bersosialisasi karena tidak bisa selalu hadir di sekolah dan bermain bersama teman-temannya. Reaksi alergi yang dialami oleh si Kecil dapat membuat si Kecil kurang tidur, sehingga tubuh mudah lelah dan sulit konsentrasi ketika belajar. Ini pastinya akan menurunkan rasa percaya diri si Kecil di lingkungan pertemanan.

Ditambahkan Zeinda Rismandari, Allergy Care Manager PT Nutricia Sarihusada bahwa kesadaran akan pentingnya peran orangtua dalam menangani alergi protein susu sapi pada si Kecil membuat Nutricia Sarihusada berinistiatif meluncurkan kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K, yaitu Kenali, Konsultasikan, Kendalikan.

“Kenali risiko dan gejala alergi yang dialami si kecil. Orangtua dapat mengakses www.alergianak.com untuk memahami lebih jauh tentang alergi. Orangtua juga harus mengenali diri sendiri, sifat si Kecil, bahkan lingkungan sekitar mereka untuk mengelola tantangan yang dihadapi dengan pola asuh yang tepat,” tambahnya.

Konsultasikan ke dokter agar si Kecil memeroleh diagnosis dan penganganan yang tepat. Bila perlu, orangtua bisa mengajak anggota keluarga lain saat berkonsultasi agar tantangan bisa dihadapi bersama.

“Kendalikan penyebab alergi dengan asupan nutrisi yang tepat. Ubah gaya hidup sesuai dengan kebutuhan alergi si Kecil dan pintar-pintar mencari alternatif kudapan untuk si kecil,’ tutup Zeinda.(wol/rls/data1)

Check Also

foto: dailymail

Ibra Dapat Peran Baru Dari Mourinho

MANCHESTER, WOL – Setelah resmi mendapat kontrak baru lagi dari Manchester United, Zlatan Ibrahimovic akan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.