Home / Ragam / Alat-Alat yang Dibutuhkan Untuk Daki Gunung
duniabackpacker.net

Alat-Alat yang Dibutuhkan Untuk Daki Gunung

 

WOL – Kegiatan mendaki gunung identik dengan risiko berbahaya seperti kedinginan, kehujanan, juga kelaparan.Pendaki pemula pasti kebingungan soal aneka peralatan yang harus disiapkan. Berikut KompasTravel himpun beberapa peralatan yang wajib dimiliki saat pertama kali mendaki gunung. Daftar ini disusun berdasarkan keterangan Pemandu Pendakian Gunung dari Consina, Virgo Dirgantara; Brand Ambassador Eiger, Noerhuda; dan Pemilik Toko Patagonia Outdoor, Fandhi Achmad.
Perlengkapan Pribadi

Ransel

Ransel tempat membawa peralatan pendakian seperti kantong tidur (sleeping bag), tenda, alat masak, matras, makanan, dan logistik pendakian.

Sepatu

Sepatu untuk mendaki gunung adalah hal yang wajib dibawa. Penggunaan sepatu mendaki gunung secara fungsi tak bisa digantikan oleh model sepatu yang lain.

Secara karakteristik seperti jenis dan kekuatan sol, jenis leher sepatu (low cut, mid cut, dan high cut), dan bahan sepatu yang berbeda dengan sepatu casual.

Baju dan celana

Baju dan celana mendaki gunung juga berbeda dengan baju sehari-hari yang berbahan katun maupun jeans. Disarankan, Anda membeli baju dan celana yang menyerap dan melepaskan keringat dengan cepat.

Headlamp

Headlamp adalah lampu yang digunakan di kepala untuk menerangi perjalanan pendakian di malam hari ataupun ketika berada di area kemah.

Alat makan

Alat makan ketika mendaki gunung yang bisa disiapkan antara lain piring dan gelas plastik, sendok, dan garpu.

Matras

Matras berguna untuk alas untuk duduk maupun tidur di dalam tenda. Matras juga berfungsi untuk menjaga panas tubuh. (kompas/nia/dev)

Check Also

Ini 5 Rekomendasi Restoran Seafood Terkenal di Medan

MEDAN, WOL – Seafood adalah makanan berbahan dasar ikan laut. Selain itu, seafood juga kaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: