Home / Ragam / Kesehatan / Air Bekas Cucian Beras Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya
Ilustrasi

Air Bekas Cucian Beras Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya

WOL – Ketika akan menanak nasi, kita pasti mencuci beras terlebih dahulu hingga air yang akan dipakai untuk menanak tampak bening. Tetapi, air cucian beras yang dibuang ternyata memiliki sederet manfaat untuk kecantikan. Anda pasti sudah mendengar beberapa diantaranya.

Salah satu khasiat air beras yang paling terkenal adalah baik untuk kulit wajah.

Cukup dengan mengoleskan air beras pada wajah dengan kapas atau langsung membasuh muka dengan air beras lalu membilasnya dengan air dingin, air beras tersebut mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat kulit menjadi sehat dan cerah.

Namun tidak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dari air cucian beras, seperti dilansir dari The Secret Yumiverse berikut ini.

1. Atasi diare
Air beras diketahui mampu mengatasi masalah pencernaan dan diare. Cukup minum secangkir kecil air beras hingga keluhan pencernaan hilang. Tak hanya itu, air beras juga bisa diminum setiap hari jika beras dicuci dengan air matang untuk kesehatan dan menambah energi.

2. Pembersih wajah
Celupkan kapas pada air beras lalu aplikasikan pada wajah. Ini baik untuk mengecilkan pori-pori wajah dan mencegah jerawat.

3. Mengobati eksim
Rendam kain bersih dalam air beras lalu kompres pada bagian yang terkena alergi atau eksim. Diamkan hingga kain tersebut beberapa menit lalu angkat sebelum kain benar-benar kering.

4. Meredakan kulit terbakar matahari
Cukup kompres area yang terbakar matahari untuk mendapatkan efek menyejukkan.

5. Masker rambut
Anda bisa menggunakan air cucian beras untuk mendapat rambut yang sehat. Caranya, siram rambut anda dengan air beras, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. (viva/ags/sari/data2)

Check Also

Khasiat Lobak untuk Kecantikan Kulit, Yuk Coba Dikonsumsi!

Waspada.co.id – SERING makan lobak rupanya dapat menghaluskan kulit dan menghidrasi dengan baik. Bagi kaum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: