Home / Ragam / Gaya Hidup / Agar Puasa Tidak Cepat Lapar, Makanan Ini Bisa Anda Sajikan saat Sahur
Ilustrasi (Foto: Reuters)

Agar Puasa Tidak Cepat Lapar, Makanan Ini Bisa Anda Sajikan saat Sahur

agregasi
agregasi

 

MENJALANI ibadah puasa sambil bekerja tentunya menuntut kemampuan ekstra untuk berkonsentrasi. Selain itu, dengan melakukan aktivitas berat, Anda mungkin bisa semakin cepat untuk merasa lapar.

Namun, bagi Anda yang tetap menjalankan aktivitas kerjanya dengan normal di bulan puasa, jangan takut. Dengan beberapa pola makan yang benar saat sahur, Anda bisa menjalani aktivitas Anda secara normal.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr.Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya bisa menjalankan aktivitas Anda dengan normal pada bulan puasa.

Saat ditemui Okezone dalam acara Halodoc, Dr.Jovita menyarankan agar sahur mendekati waktu imsak. Hal tersebut bertujuan supaya perut bisa menahan kenyang lebih lama. Makanannya pun tidak boleh sembarangan, Anda bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks supaya tidak cepat lapar.

“Jangan lupa sahur, makan bergizi supaya dapat menahan lapar. Penuhi asupan karbohidrat, protein dan lemak baik. Alangkah bagusnya jika memakan menu yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, sayuran dan buah. Selain menyehatkan, makanan tersebut bisa membuat Anda kenyang lebih lama,” tutur Dr. Jovita, Selasa (15/5/2018).

Selain makanan yang bergizi dan memenuhi karbohidrat kompleks, Anda juga wajib meminum banyak air putih. Sebagaimana diketahui, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Ketika Anda bekerja, tubuh akan mengeluarkan keringat, dengan meminum banyak air putih mudah-mudahan kebutuhan air dalam tubuh bisa terpenuhi hingga berbuka puasa.

Anda juga tidak dianjurkan untuk makan sahur berlebihan. Bukannya malah tahan lapar, Anda justru jadi mengantuk karena mengonsumsi banyak karbohidrat. Sahur dengan makanan berminyak juga tidak dianjurkan oleh Dr. Jovita.

“Tips biar gak ngantuk saat puasa adalah menghindari terlalu banyak karbohidrat. Anda hanya boleh memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Untuk kangkung dianggap sebagai makanan yang menyebabkan ngantuk, masih dianggap mitos yah. Pasalnya masih belum ada fakta ilmiah yang menunjukkan hal itu,” tambahnya.

“Anda juga sebisa mungkin tidak makan gorengan dan makanan berminyak lainnya. Pasalnya, makanan tersebut akan mempermudah pengosongan lambung dan menyebabkan asam lambung naik. Jika hal ini terjadi, tentu Anda akan merasa tersiksa saat bekerja,” tuntasnya.

Check Also

Resep Bakso Goreng Saus Bolognaise dan Sweet Spicy Korean Chicken Wings untuk Akhir Pekan Spesial

  MOMS, mumpung lagi libur, bikin kudapan spesial yuk untuk keluarga di rumah. Kalau bingung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: