Home / Ragam / Gaya Hidup / 8 Manfaat Super Minum Madu Sebelum Tidur, Patut Dicoba!
foto: deherba

8 Manfaat Super Minum Madu Sebelum Tidur, Patut Dicoba!

Sebagian besar dari kita sadar betul bahwa madu dapat digunakan untuk melawan selesma dan melembapkan kulit. Tetapi kita mungkin tidak sadar bahwa para ilmuwan menyebutnya sebagai minuman super karena banyak khasiat lain yang dimilikinya yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Mungkin kebanyakan orang mengonsumsi madu dengan cara menggabungkannya dengan makanan enak dan sehat. Padahal jika Anda mengonsumsinya sebelum tidur dan membiarkan tubuh menyerap semua kebaikannya di malam hari, Anda akan dikejutkan oleh keajaiban yang akan mulai Anda lihat dalam tubuh Anda.

Penasaran apa saja manfaatnya? Melansir Bright Side, Rabu (30/1/2019) berikut adalah sederet manfaat minum madu sebelum tidur.

1. Tidur nyenyak

Madu mengandung nutrisi yang disebut tryptophan, hormon yang membantu Anda rileks dan memberi tubuh Anda sinyal bahwa “saatnya tidur.” Meskipun tubuh membutuhkan asam amino, tetapi ia tidak memproduksinya secara alami, dan kita bisa mendapatkannya melalui produk konsumsi makanan seperti madu.

Terkadang kita bangun di tengah malam. Ini terjadi karena selama tidur kita, otak membutuhkan zat yang disebut glikogen dan menginduksi kelenjar adrenalin yang terletak di ginjal untuk mengeluarkan adrenalin dan kortisol, yang tidak akan membiarkan Anda tidur. Untungnya, madu mengandung glikogen, jadi mengonsumsinya sebelum tidur akan membantu Anda menghindari adrenalin dan memastikan tidur malam yang nyenyak.

2. Menurunkan tekanan darah

Karena tekanan darah tinggi adalah faktor yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung yang signifikan, menjaganya tetap dan stabil adalah ukuran yang baik untuk menghindari komplikasi jantung. Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, membuat sesendok madu di malam hari cara yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan trigliserida

Trigliserida adalah jenis lemak yang ada dalam darah. Tingkat trigliserida yang tinggi berarti risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Untungnya, madu dikaitkan dengan penurunan kadar trigliserida dalam tubuh Anda. Mereka mengubahnya menjadi sekutu yang baik yang membersihkan darah Anda dari lemak yang tidak perlu.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu kaya akan antioksidan dan agen antibakteri yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih kuat dalam memerangi infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan banyak virus. Selain mengkonsumsinya setiap malam untuk meningkatkan pertahanan alami Anda, madu juga dapat diterapkan pada luka untuk membiarkan aset antibakteri itu bekerja sesuai keinginan.

Check Also

Rp10,5 Triliun Belum Cukup Tutupi Tunggakan Obat BPJS Kesehatan

JAKARTA, Waspada.co.id – Meski pemerintah memberi suntikan sebesar Rp10,5 triliun terhadap BPJS Kesehatan, tunggakan pembayaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: