Home / Ragam / Khazanah / 8 Hal Penghalang Rezeki
ilustrasi rezeki (republika)

8 Hal Penghalang Rezeki

Waspada.co.id – Rezeki memang penuh teka-teki. Sering kali perputarannya di luar logika dan daya manusia. Sebagian orang berlimpahan harta, sedangkan sekelompok yang lain mesti hidup serba kekurangan. Ada yang bersusah payah, memeras keringat untuk mengais rezeki. Lalu, kenyataannya tak banyak yang ia dapat.

Bahkan, tak jarang rezeki yang dinanti, tak jua menghampiri. Sedangkan, di sisi lain terdapat kalangan yang sekali duduk, tanda tangan, jutaan bahkan miliar an rupiah begitu mudah berada di genggaman tangan. Begitulah rezeki, kata Syekh Mutawalli as-Sya’rawi dalam bukunya yang berjudul Tilka Hiya al- Arzaq.

Menurut tokoh jebolan Universitas al-Azhar Mesir itu, perbedaan rezeki antarmanusia merupakan hak otoritatif Allah SWT. Pun, soal kadar rezeki yang diberikan. Terkadang, Allah memberikan jumlah di luar angka yang diprediksikan. Dan Allah memberi rezeki kepada orang yang dikehendaki tanpa batas. (QS al- Baqarah [2]:212).

Seorang tokoh generasi salaf, Abu Abdullah Muhammad bin Abdurrahman bin Umar al-Wishabi al- Husyaibi, ada unsur keterlibatan manusia di sana. Tokoh yang wafat pada 782 H tersebut memaparkan bahwa dalam konsep teologi Islam, rezeki seseorang tidak berdiri sendiri. Ada hubungan kausalitas, sebab mu sabab. Ingin rezeki banyak maka bergeraklah dan berdinamika mengais rezeki.

Namun, di saat bersamaan, ingatlah, tutur pengarang kitab al-Barakah fi Fadhl as-Sa’yi wa al-Harakah ini, ada beberapa faktor penghalang rezeki yang diakibatkan oleh ulah para pencari rezeki itu sendiri.

Sederet perkara tersebut mesti dihindari agar rezeki tidak terhambat. Apa sajakah hal-hal yang bisa membuat rezeki seret, bahkan bisa menyeret seseorang dalam jurang kemiskinan?

Beberapa perkara itu, di antaranya yang pertama, jangan sesekali pernah mencaci maki angin, hujan, atau fenomena alam apa pun. Karena, sejatinya tindakan itu sama saja dengan mencibir Penciptanya. Seorang sahabat dikisahkan pernah mengadu kepada Rasulullah SAW perihal rezeki yang seret. Barangkali engkau pernah mencela angin, ungkap Rasul.

Check Also

Rezeki Bukan Hanya Uang

WOL – Kadang-kadang kita merasa bahwa hidup tidak berpihak pada kita. Semua terasa sulit, uang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: