Home / Ragam / Gaya Hidup / 7 Trik Memanggang Sayuran yang Tepat seperti Juru Masak Profesional
Ilustrasi (Foto: Foxnews)
Ilustrasi (Foto: Foxnews)

7 Trik Memanggang Sayuran yang Tepat seperti Juru Masak Profesional

agregasi
agregasi

 

SAAT acara BBQ, biasanya kebanyakan orang akan lebih fokus soal bagaimana cara memanggang daging agar daging panggang nantinya akan enak dan lembut saat dimakan.

Tidak banyak orang yang juga memperhatikan bagaimana cara memanggang sayur-sayuran dengan tepat, sehingga akhirnya sayur-sayuran hanya menjadi side dish alias menu pendamping seadanya.

Padahal dengan mengetahui trik yang tepat, sayur-sayuran bisa dipanggang dengan tepat sehingga menjadi sajian lezat untuk dinikmati. Lalu bagaimana trik tepat dalam memanggang sayur-sayuran layaknya para juru masak profesional? Melansir Foxnews, Selasa (3/4/2018) berikut ulasannya.

1. Perhatikan suhu panas 

Pahami peralatan memanggang dengan benar, adalah langkah pertama agar bisa memanggang sayuran dengan tepat. Jaga api tetap terkendali, di mana hal ini sangat penting pada panggangan arang.

Sebisa mungkin cobalah untuk mencegah api agar tidak bersentuhan langsung dengan sayuran. Perhatikan juga soal pemakaian tambahan arak, sedikit saja sudah bisa menambahkan cita rasa, sedangkan kalau terlalu banyak malah akan menghilangkan cita rasa asli sayuran tersebut.

2. Jangan takut menggunakan kemasan foil

Terkadang memasukkan sayuran dalam kemasan foil adalah cara yang tepat loh! Dengan cara ini tidak hanya melindungi sayuran dari api, tetapi itu juga cara yang bagus untuk menginfus sayur-sayuran dengan minyak, mentega, atau bumbu namun juga tidak perlu khawatir karena masih akan ada rasa smoky di dalamnya.

Sayuran yang dipanggang dalam bentuk paket foil, disebutkan sangat cocok untuk jenis sayuran yang punya waktu memasak lebih lama, contohnya kentang dan ubi jalar atau untuk membuat campuran sayuran dengan zucchini, jamur, paprika, brokoli atau jagung.

3. Bijak gunakan pisau

Beberapa jenis sayuran ada yang paling baik dipanggang dalam bentuk utuh, ada juga yang lebih baik harus diiris kecil atau dipotong-potong. Untuk sayuran kecil, contohnya asparagus, tomat ceri, green beans dan jamur sebaiknya dipanggang utuh.

Sedangkan sayuran yang lebih besar, seperti kentang, tomat, terung, zucchini, labu, atau paprika sebaiknya dipanggang dalam bentuk sudah dipotong dua, dipotong-potong atau diiris menjadi ukuran 1/4 inci atau 1/2 inci. Semakin kecil Anda memotongnya, semakin banyak grill marks dan aroma panggangan yang bisa didapatkan.

4. Manfaatkan tusuk satai

Ingat, tusuk satai yang ada tidak bisa digunakan semata-mata hanya untuk membuat hidangan satai atau kebab loh! Gunakan tusuk satai ini sebagai peralatan yang membuat acara memanggang sayuran jadi lebih mudah.

Gunakan tusuk satai ini untuk membalik-balikan sayuran dengan mudah, dengan trik ini acara memanggang sayuran jadui lebih mudah dan meminimalisasi meminimalkan kemungkinan sayuran jatuh melalui tungku panggangan.

5. Sabar 

Sama seperti membuat burger dan steak, perlu sedikit kesabaran ketika memanggang sayuran. Sebab kita tidak akan mendapatkan sayur panggang yang indah jika kita membalikkannya terlalu cepat karena tidak sabar! Jadi biarkan sayuran ini waktu beberapa menit agar dimasak, jika diperlukan gunakan sepasang penjepit atau lidi yang ditusukkan di bagian bawah satu irisan daripada terlalu sering membalik-balikkan sayuran. Jika, tusuk tersebut mudah lepas dari sayuran yang sedang dipanggang tanpa menempel, ini artinya sayuran tersebut sudah selesai dipanggang.

6. Pemakaian bumbu 

Agar lebih lezat, mengapa tidak memanggang sayuran dengan memakai bumbu? Ketika memanggang sayur-sayuran, bisa bumbui sayuran dengan cara simpel yakni cukup berikan bumbu sederhana seperti garam dan lada. Akan tetapi, terkadang memarinasi sayur-sayuran sebelum dipanggang dengan campuran bumbu juga tidak ada salahnya. Sesekali bisa coba memarinasi sayur-sayuran dengan campuran bumbu yakni soy sauce, air perasan lemon, minyak zaitun, dan bawang putih selama 30 menit.

7. Saus cocolan 

Sebagai variasi agar tidak bosan mengonsumsi sayuran, coba konsumsi sayuran panggang dengan menggunakan dipping sauce alias saus cocolan. Bisa saus cocolan sederhana seperti chimichurri, atau bisa lebih canggih lagi dengan saus tzatziki.

Ketika memilih untuk memakan sayuran panggang dengan saus cocolan, pastikan dipping sauce yang dipilih rasanya tidak akan mendominasi alias menutupi dan menghilangkan rasa asli sayuran itu sendiri.

Check Also

Istimewa

Prime Plaza Hotel Kualanamu, Wajah Baru Wisata Deliserdang

KUALANAMU, WOL – Deliserdang merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara dengan penduduk kurang lebih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.