_
Home / Ragam / Kesehatan / 7 Manfaat Jengkol yang Mungkin Kamu Tak Tahu
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

7 Manfaat Jengkol yang Mungkin Kamu Tak Tahu

agregasi

 

SIAPA yang tak kenal dengan jengkol? makanan satu ini dikenal karena memiliki bau yang sangat menyengat. Tapi di balik baunya itu, jengkol dikenal memiliki rasa yang cukup lezat.

Jengkol biasanya kerap diolah dengan cara disemur itu diklaim memiliki kenikmatan rasa bak daging oleh para pecintanya. Meski rasanya menarik, jengkol juga membuat sebagian orang enggan mencobanya karena dikenal memiliki bau yang menyengat.

Tapi ternyata, jengkol sangat baik untuk kesehatan loh. Bagi Anda yang tidak menyukai jengkol, mungkin Anda harus mengetahui beberapa manfaat baik mengonsumsi jengkol. Berikut di antaranya yang Okezone rangkum dari doketersehat berbagai sumber lainnya.

1. Mencegah Osteoporosis

Selain zat besi dan protein, jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor yang dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering memakan jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang dalam tubuh Anda menjadi lebih kuat.

2. Mencegah Penyakit Mag

Memiliki kebiasaan menunda makan atau telat makan akan menyebabkan penyakit mag. Jika Anda memiliki mag, maka akan berdampak pada lambung dan tentu saja akan sangat berbahaya. Manfaat makan jengkol secara rutin ternyata bisa mencegah penyakit mag.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang makan jengkol cenderung terlindungi dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti mag.

3. Membantu Mengatasi Penyakit Jantung

Jengkol adalah makanan diuretik (melancarkan pembuangan urin) yang sangat baik bagi Anda yang menderita penyakit jantung.

4. Merampingkan Perut

Jengkol juga dapat membantu merampingkan perut buncit karena adanya kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Salah satu penyebab perut kembung ialah karena seseorang mengalami buang air besar tidak lancar dan tidak teratur.

Check Also

Styling Rambut Juga Ada Aturannya Loh, Ini Penjelasannya

Waspada.co.id – Proses pewarnaan, pengeringan dengan hair dryer hingga catok memang membuat tampilan rambut jadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.