Home / Ragam / Kesehatan / 7 Jenis Makanan Paling Enak dan Sehat untuk Anak Usia 1 Tahun
Makanan enak untuk anak usia 1 Tahun (Foto: Parents Magz)

7 Jenis Makanan Paling Enak dan Sehat untuk Anak Usia 1 Tahun

agregasi

 

MEMBERI makan anak dibawah satu tahun memang butuh perjuangan khusus. Ada banyak batasan ketika Anda harus memberi makan bayi berusia satu tahun karena mereka tidak memiliki gigi untuk dikunyah dan sistem pencernaan mereka masih berkembang.

Tetapi penelitian mengatakan bahwa semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan bayi sebelum usia satu tahun, semakin besar kemungkinan dia untuk lebih mudah makan dan tidak jadi pemilih hingga usianya 6 tahun. Jadi, ini sudah waktunya untuk memasak! Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dikutip Timesofindia, Kamis (7/3/2019).

Bagaimana cara memperkenalkan makanan padat untuk bayi di bawah satu Tahun?

Kecuali madu dan beberapa bahaya tersedak, tidak ada aturan yang keras dan cepat lagi tentang apa yang harus diberikan pada bayi. Anda dapat memberikan apa pun kepada bayi Anda dari pure sayuran, sereal beras, semangka hingga ayam yang dihaluskan.

Namun perlu diingat untuk menawarkan satu makanan baru setiap tiga hari. Juga, perhatikan baik-baik tanda-tanda alergi atau reaksi karena hal itu adalah waktu terbaik untuk mengetahuinya.

Berry

Sama seperti orang dewasa, bayi makan dengan mata mereka. Buah beri memiliki warna menarik dan nutrisi yang baik. Buah ini sangat sempurna untuk bayi yang sedang tumbuh.

Kacang

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa memberi makan kacang pada bayi mereka yang bahkan alergi justru dapat mencegah alergi. Tapi jangan pernah memberi bayi Anda kacang utuh atau selai kacang – keduanya bisa menyebabkan tersedak. Anda bisa meletakkan selai kacang di atas roti atau membuat pure. Berikan kacang hanya setelah Anda mencoba makanan tradisional lainnya.

Sayuran berdaun hijau

Mungkin bayi Anda akan menolak sekali atau dua kali, saat Anda menawarkan pure sayuran hijau, tetapi jangan menyerah. Sayuran hijau kaya akan banyak nutrisi dan menjadikannya salah satu makanan bayi terbaik.

Bawang merah dan bawang putih

Anda dapat menambahkan sedikit bawang putih dan bawang putih ke dalam makanan bayi Anda tanpa rasa takut. Ini akan membangkitkan pemakan petualang karena memberi makan makanan beraroma bayi Anda selalu merupakan langkah cerdas.

Telur

Telur, yang sebelumnya direkomendasikan oleh dokter anak untuk tidak diberikan kepada bayi Anda terlalu dini, adalah sesuatu yang sekarang dianjurkan. Kaya protein, lemak sehat dan kolin, telur membuat makanan yang sempurna untuk bayi Anda. Anda dapat mencampurkan beberapa telur orak dengan pure sayuran untuk membuat kombinasi yang lebih sehat.

Lentil

Lentil dikemas dengan zat besi dan protein. Anda dapat menggabungkannya dengan sayuran, bubuk kari, dan bumbu segar.

Makanan lainnya

Anda bisa memberi bayi Anda gandum, bit, kemangi, kangkung, salmon, labu, keju dan buah persik. Konsultasikan dengan dokter anak jika Anda merasa bayi Anda alergi terhadap makanan apa pun.

Check Also

Tren Resepsi Pernikahan ‘Outdoor’ Bagi Pasangan Dengan Biaya Minim

Waspada.co.id – Pernikahan dengan bujet ramah kantung yang digelar secara intim kian diminati. Kesukaan orang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: