_
Home / Ragam / Kesehatan / 7 Hal Inilah yang Sebabkan Timbulnya Migrain
Pemicu migrain (Foto: Huffingtonpost)

7 Hal Inilah yang Sebabkan Timbulnya Migrain

Waspada.co.id – Migrain merupakan sakit kepala berdenyut yang biasanya terjadi hanya di satu sisi kepala. Penyebab migrain dipicu oleh berbagai kegiatan, mulai dari perubahan hormon hingga gaya hidup.

Serangan migrain dapat berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari. Rasa sakitnya yang parah bisa mengganggu aktivitas harian. Sering kali migrain disertai dengan mual, muntah, dan sensitivitas pada cahaya dan suara.

Migrain dapat terjadi pada masa kanak-kanak, remaja atau dewasa awal.

Hingga saat ini, faktor risiko migrain tidak sepenuhnya dipahami. Namun, faktor genetika dan lingkungan dianggap berperan penting. Beberapa hal juga dapat menjadi pemicu migrain.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan migrain.

1. Perubahan hormon
Perubahan hormon pada perempuan dapat menjadi penyebab migrain.

Fluktuasi estrogen saat sebelum atau selama periode menstruasi, kehamilan, dan menopause, memicu sakit kepala pada banyak perempuan.

Obat-obatan hormonal seperti kontrasepsi oral dan terapi penggantian hormon, juga dapat memperburuk migrain. Namun, di sisi lain, beberapa perempuan justru menyatakan, migrain berkurang saat mereka mengonsumsi obat-obatan tersebut.

2. Alkohol
Dikutip dari situs kesehatan Mayo Clinic, minuman beralkohol, terutama anggur, dapat memicu terjadinya migrain. Selain itu, terlalu banyak kafein, seperti mengonsumsi kopi juga dapat menimbulkan migrain.

3. Stimulus sensorik
Stimulus sensorik merupakan rangsangan dari luar yang dapat dirasakan oleh manusia. Stimulus yang kuat dan tajam biasanya dapat menyebabkan migrain. Misalnya, lampu yang terang, sinar matahari, suara yang keras, hingga bau yang kuat dapat membuat kepala sakit berdenyut.

4. Pola tidur
Perubahan pola tidur, seperti kurang tidur atau jet lag juga bisa merangsang timbulnya migrain.

5. Faktor fisik
Aktivitas fisik yang intens dan berat seperti bekerja keras atau bahkan aktivitas seksual bagi sebagian orang dapat memicu sakit kepala sebelah.

6. Makanan
Sejumlah makanan dapat menjadi pemicu migrain. Misalnya keju yang sudah berusia tua, makanan asin, dan makanan olahan. Pemanis dan pengawet makanan MSG atau micin juga dapat menyebabkan migrain.

Lupa atau telat makan juga dihubungkan dengan migrain.

7. Stres
Tertekan karena banyak pekerjaan atau hal lainnya yang membuat stres bisa menjadi penyebab migrain. Jagalah kesehatan mental agar tak menyebabkan migrain. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

Menanam Tanaman Lidah Buaya Ternyata Kurangi Dampak Polusi

Waspada.co.id – Berdasarkan pantauan AirVisual beberapa waktu lalu, Jakarta dinobatkan menjadi kota dengan polusi udara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.