Home / Ragam / Kesehatan / 6 Mitos Seputar Diet yang Sering Salah Kaprah di Masyarakat
Diet keto (Foto: G1India)

6 Mitos Seputar Diet yang Sering Salah Kaprah di Masyarakat

agregasi
agregasi

PROGRAM penurunan berat badan seringkali dipilih oleh banyak orang untuk mendapatkan berat badan ideal. Tak sedikit orang yang mengikuti program penurunan berat badan tertentu hanya karena mendengar omongan orang lain dan tidak berkonsultasi dengan ahli nutrisi. Akibatnya banyak mitos yang berkembang di masyarakat terkait diet yang sebenarnya salah kaprah.

Melansir News, Kamis (28/6/2018), inilah sederet mitos yang salah tentang diet:

Detoks tubuh adalah cara paling cepat menurunkan berat badan

Beberapa orang mungkin memilih untuk mendetoksifikasi tubuhnya agar dapat menurunkan badan dengan cepat. Mereka biasanya menjalankan puasa, diet terbatas, mengonsumsi suplemen tertentu, atau bahkan tidak makan dan hanya mengonsumsi jus. Padahal, tidak ada bukti ilmiah bahwa cara tersebut dapat bekerja dengan baik. Sebab tanpa sengaja melakukan detoksifikasi, tubuh yang sehat sudah mampu membuang zat racun sendiri melalui ginjal, hati, kulit, dan paru-paru.

Menjadi vegetarian adalah yang paling baik


Pola makan nabati atau veganisme memang memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membantu mencegah diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi, menghilangkan kelompok makanan tertentu dari pola makan dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi seperti kalsium, vitamin D, zat besi, vitamin B12, seng, dan asam lemak omega-3.

Lemak tidak baik untuk tubuh

Ini adalah pemahaman yang seringkali salah. Tidak semua lemak buruk bagi tubuh. Lemak jenuh seperti mentega atau daging berlemak memang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Tapi lemak baik untuk membantu menyerap nutrisi penting seperti vitamin A, D, E dan K. Beberapa lemak juga menghasilkan asam lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh kita seperti omega-3. Maka dari itu, konsumsilah lemak tak jenuh seperti salmon, alpukat, dan minyak zaitun.

Karbohidrat menyebabkan kegemukan


Banyak orang percaya mengurangi asupan karbohidrat secara otomatis dapat menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya karbohidrat adalah bagian penting dari tubuh karena digunakan sebagai sumber energi. Supaya tidak mengalami kenaikan berat badan, konsumsilah karbohidrat sesuai dengan kebutuhan asupan per hari.

Minuman diet baik bagi tubuh

Banyak orang yang ingin mengurangi asupan gula atau kalori beralih ke minuman diet seperti minuman rendah gula. Tetapi para ilmuwan telah mengungkapkan jika minuman diet sebenarnya dapat meningkatkan nafsu makan karena merangsang hormon-hormon kelaparan, mengubah reseptor rasa manis, dan memicu respons-respons dopamin yang nyaman di otak.

Makan tengah malam menyebkan kegemukan

Ini adalah salah satu mitos yang paling sering beredar di masyarakat. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan mitos ini. Tapi kenaikan berat badan bisa terjadi hanya apabila kebiasaan ini dilakukan setiap hari dan tidak diimbangi oleh olahraga teratur. Sesekali makan tengah malam tidak ada salahnya.

Check Also

Sakit Karena Mandi Hujan, Mitos atau Fakta?

WOL – Perubahan musim tengah terjadi. Kemarau yang sebelumnya terjadi kini berganti menjadi musim penghujan. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: