Home / Ragam / Kesehatan / 6 Makanan yang Melindungi Anda dari Hipertensi
Seledri lindungi Anda dari hipertensi (Foto: Boldsky)

6 Makanan yang Melindungi Anda dari Hipertensi

agregasi
agregasi

 

HIPERTENSI merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit mematikan, seperti stroke dan penyakit jantung. Jadi, jika ingin selamat dari kedua penyakit mematikan tersebut, Anda perlu melindungi diri dari hipertensi.

Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan. Selain menjauhi makanan yang berpotensi meningkatkan tekanan darah, ada sejumlah asupan yang perlu dimasukkan dalam diet harian.

Karena, makanan-makanan tersebut dapat membantu mencegah hipertensi dengan menurunkan tekanan darah. Berikut 6 makanan yang melindungi Anda dari hipertensi seperti dilansir dari laman Boldsky, Jumat (23/12/2016):

1. Lemon

Lemon mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan yang membantu menetralkan efek radikal bebas dalam tubuh. Selanjutnya, lemon memiliki kemampuan untuk menjaga pembuluh darah tetap lentur, sehingga mengurangi tekanan darah.

2. Biji semangka

Senyawa dalam biji semangka membantu melebarkan pembuluh darah kapiler. Mereka juga memiliki sifat vasodilatasi, karenanya menjadi obat paling efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi.

3. Bawang putih

Salah satu di antara manfaat kesehatan dari mengonsumsi bawang putih adalah membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga membantu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

4. Pisang

Pisang mengandung tinggi kalium, sehingga mengonsumsinya secara teratur membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Karenanya, pisang adalah salah satu makanan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Seledri

Seledri mengandung kaya fitokimia 3-N butylphthalide yang efektif membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini juga melemaskan otot di arteri, sehingga menciptakan banyak ruang untuk membantu memperlancar aliran darah.

6. Air kelapa

Ketika menderita hipertensi, penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Untuk hal ini, air kelapa adalah solusi terbaik. Terlebih, air kelapa diperkaya dengan kalium, magnesium dan vitamin C yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Check Also

Hanya di Pasar Petisah Harga Beras Premium Naik

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Monitoring Satgas Ketahanan Pangan Kota Medan kembali meninjau Pasar Petisah dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: