Home / Ragam / Gaya Hidup / 6 Langkah Manajemen Waktu Untuk yang Ingin Sukses
Ilustrasi

6 Langkah Manajemen Waktu Untuk yang Ingin Sukses

WOL – Kesuksesan memang tidak mudah untuk diraih jika hanya berdiam sambil berharap saja. Salah satu faktor yang mendukung kesuksesan seseorang adalah manajemen waktu.

Dengan pengaturan waktu yang baik maka akan memungkinkan anda untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dan kepentingan anda secara maksimal.

Anda mungkin sudah sering mencari tahu bagaimana cara mengatur waktu dengan baik dan mencoba berbagai alat yang dapat membantu anda untuk mengatur waktu.

Namun, perlu anda ketahui bahwa memanajemen waktu tidaklah tergantung dengan apapun melainkan dengan diri anda sendiri. Anda harus terlebih dahulu memahami arti dari waktu dan berusaha untuk menghargainya.

Kita semua tahu bahwa waktu sangat terkait dengan mental dan pola pikir yang anda ciptakan. Semua yang anda ciptakan, pastilah anda pula yang mengaturnya.

Jika anda memang benar-benar ingin mulai memanajemen diri anda, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk membuang segala jenis sabotase diri dan merubah pola pikir anda. Tidak ada lagi alasan “tidak memiliki waktu yang cukup” atau  “hari ini bukanlah waktu yang tepat” untuk memulai suatu hal.

Berikut adalah tips yang dapat anda praktekan untuk membantu memanajemen diri anda

1. Buat dan bawalah jadwal anda.
Memikirkan dan merencanakan kegiatan anda adalah langkah awal yang harus anda lakukan untuk memanajemen diri anda sendiri. Anda bisa mulai menulis rencana kegiatan anda selama seminggu kedepan dan mencatat detail kegiatan yang akan anda selesaikan dalam satu hari. Maka anda akan tahu kapan waktu-waktu berharga anda akan berlalu dan menghindari anda melewatkannya begitu saja.

Anda akan dapat melihat berapa banyak waktu yang Anda luangkan untuk mencapai hasil, dan berapa banyak waktu yang telah Anda buang untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.

2. Membuat durasi waktu melakukan kegiatan.
Segala kegiatan yang penting untuk kesuksesan anda harus ada jangka waktunya karena jika anda terlalu lama berkutat dengan satu kegiatan saja maka kegiatan anda yang lain akan terbengkalai dan akan menjadi masalah dihari hari berikutnya.

Rencanakanlah berapa lama anda bisa menyelesaikan satu kegiatan dan rencanakan juga waktu anda untuk beristirahat.

3. Rancang waktu anda sedikitnya 50% untuk mengerjakan hal produktif.
Sebaiknya pada pagi hari sebelum anda memulai aktifitas, luangkan sedikit waktu untuk menganalisis kegiatan yang harus anda lakukan dan yang sudah anda buat. Dengan cara itu anda dapat memprioritaskan kegiatan anda yang produktif terlebih dahulu untuk dilakukan.

4. Jangan ragu-ragu untuk menolak perintah.
Pada saat anda sedang mengerjakan suatu hal, sebaiknya anda mengerjakannya sampai selesai. Terkadang perintah atau permintaan tolong dari rekan kita datang saat kita sedang mengerjakan kegiatan kita, untuk itu anda harus belajar cara menolak permintaan rekan anda tersebut dengan baik.

Anda bisa menjelaskan kepada rekan anda bahwa anda sedang mengerjakan prioritas anda dan menawarkan untuk membantunya setelah anda selesai.

5. Matikan koneksi telepon anda.
Mulai saat ini anda harus berlatih untuk tidak mengangkat semua telepon yang masuk atau mengecek smartphone anda. Perhatian yang anda berikan kepada orang lain akan sangat mengganggu jadwal kegiatan yang telah anda buat.

Mulailah menyaring orang orang yang anda anggap penting agar anda tidak membuang waktu dengan sia-sia.

6. Ingatlah bahwa mustahil untuk menyelesaikan semuanya.
Ketika anda tidak dapat meyelesaikan list kegiatan anda, jangan patah semangat dan merasa gagal karena perasaan itu akan membuat anda berhenti untuk menjadwalkan waktu anda lagi.

Anda sebaiknya terus menigkatkan kedisiplinan dan ingatlah bahwa hal yang baik akan membuat dua puluh persen kegiatan anda menghasilkan delapan puluh persen dari hasil anda.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dengan mudah untuk mencapai kesuksesan dan menjadi manusia yang terorganisir. (wol/stbis/sari/data2)

Check Also

Tips Penting untuk Millenial Sebelum Memasuki Dunia Kerja

  WOL – Kalangan millenial saat ini merupakan generasi yang mulai memasuki dunia pekerjaan dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: