Home / Ragam / Gaya Hidup / 6 Khasiat Sehat Daun Kelor, si Peluntur Susuk yang Laku Diekspor
Daun kelor laku diekspor (Foto: Huffingtonpost)

6 Khasiat Sehat Daun Kelor, si Peluntur Susuk yang Laku Diekspor

Dunia tak sekecil daun kelor, pasti Anda pernah kan mendengar peribahasa klasik satu ini? Selain itu, daun kelor juga tak pernah lepas dari mitos-mitos yang berbau mistis, semisal peluntur jimat atau susuk.

Terlepas dari mitos-mitosnya, daun kelor yang pohon aslinya tumbuh di kawasan Asia, Afrika dan Amerika Selatan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena daun kelor mengandung banyak mineral, vitamin, dan protein. Sebut saja mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B-6, folat, vitamin C, kalsium, pottasium, iron, magnesium, zinc, hingga phosphorus.

Nah, dengan kandungan vitamin, mineral dan protein tersebut. Daun kelor manfaatnya bisa digunakan untuk kesehatan hingga kecantikan. Apa saja manfaatnya? Menyitat Medicalnewstoday, Selasa (26/3/2019) berikut ulasan manfaat daun kelor.

1. Melindungi dan menutrisi kulit serta rambut

Minyak biji daun kelor berguna untuk melindungi rambut dari pengaruh buruk radikal bebas sehingga rambut tetap bersih dan indah. Protein yang terkandung di daun kelor, dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan sekaligus penyembuhan untuk luka dan infeksi di kulit. Selain itu juga mengandung elemen detoksifikasi alias membersihkan dan menghidrasi kulit serta rambut.

2. Mencegah edema

Edema adalah suatu kondisi menyakitkan di mana cairan menumpuk di bagian tisu-tisu yang spesifik di dalam tubuh. Kandungan anti-inflamasi di dalam daun kelor disebutkan dapat membantu mencegah pengembangan edema.

3. Melindungi hati

Untuk bagian hati, daun kelor dikatakan bisa membantu untuk melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh obat-obatan anti-tubercular sekaligus mempercepas proses pemulihan.

4. Mencegah kanker

Ekstrak daun kelor mengandung properti yang disebutkan mempunyai peluang dapat berfungsi untuk mencegah berkembangnya kanker. Selain itu ada kandungan niazimicin, komponen yang menekan pengembangan sel-sel kanker.

5. Meredakan nyeri perut

Untuk di bagian pencernaan, daun kelor bisa digunakan sebagai obat beberapa keluhan di bagian perut. Misalnya asam lambung ( gastritis), sembelit, dan kolitis ulserativa. Kandungan antibiotik dan anti-bakteri yang ada di daun kelor disebutkan kemungkinan bisa menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B nya yang tinggi bisa membantu pencernaan.

6. Menyehatkan tulang

Karena mengandung kalsium dan phosphorous, maka tak heran jika daun kelor membantu menyehatkan dan menguatkan tulang. Bersama dengan kandungan properti anti-inflamasi, ekstrak daun kelor bisa digunakan untuk mengobati kondisi seperti radang sendi dan menyembuhkan tulang yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: