_
Home / Ragam / Kesehatan / 6 Fakta Seputar Pengobatan Tradisional Cina
foto: Istimewa

6 Fakta Seputar Pengobatan Tradisional Cina

WOL – Obat tradisional Cina kembali mewarnai dunia kedokteran setelah 2.000 tahun. Terlebih, pada tahun 2015 ini salah satu ilmuwan pengobatan tradisional Cina Youyou Tu berhasil meraih penghargaan nobel di bidang kedokteran untuk penemuan obat yang secara signifikan mampu mengurangi tingkat kematian akibat penyakit malaria. Yang lebih mengesankan lagi adalah fakta bahwa Youyou Tu adalah ilmuwan yang tidak memiliki gelar kedokteran atau ilmu medis lainnya. Bisa dikatakan ini juga setidaknya membuat orang-orang di dunia kembali menoleh pada pengobatan tradisional Cina.

Obat tradisional Cina, tidak seperti obat-obat pada umumnya, obat-obatan Cina kuno lebih berfokus pada keterkaitan antara pikiran, tubuh, dan jiwa, bukan melihat pada suatu penyakit atau gejala yang mengisolasi suatu penyakit. Belakangan ini banyak orang yang mulai menganggap obat tradisional Cina sebagai bentuk alternatif atau pelengkap pengobatan yang sesuai.

Nah, jika kamu ingin mengenal lebih dalam mengenai pengobatan tradisional Cina, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah fakta tentang pengobatan itu sendiri. Berikut ini merupakan fakta terkait dengan pengobatan tradisional Cina.

1. Prinsip keseimbangan
Secara prinsip, jantung pengobatan tradisional Cina berkaitan dengan dua prinsip yang berlawanan, yaitu yin dan yang. Kedua hal ini memang sangat lekat dengan keseimbangan, dan orang-orang Cina menyakini bahwa ketidakseimbangan adalah salah satu penyebab penyakit. Selain itu konsep “qi” juga menjadi pusat filsafat medis Cina. Para praktisi medis Cina percaya tubuh memiliki 12 qi atau energi saluran yang masing-masing dihubungkan dengan bagian dari anatomi. Ketika aliran qi seseorang menjadi tidak seimbang, maka ia bisa menjadi penyebab sakit secara fisik atau sakit secara emosional.

2. Diagnosis
Pengobatan tradisional Cina melakukan diagnosis dengan wawancara pasien serta melakukan pemeriksaan nadi dan lidah pasien. Hal-hal yang menjadi pertanyaan saat wawancara pasien tak hanya seputar gejala medis, tetapi tentang rincian yang dilakukan oleh pasien sehari-hari seperti pola tidur, mimpi dan juga makanan kesukaannya. Mengukur denyut nadi adalah alat diagnostik yang paling penting dalam pengobatan tradisional Cina. Pemeriksaan denyut nadi ini melibatkan enam denyutan di setiap pergelangan tangan. Praktisi medis juga akan memeriksa lidah pasien dengan keyakinan bahwa setiap bagian dari lidah berkaitan dengan bagian tubuh manusia.

3. Lima elemen
Pengobatan tradisional Cina mengenal lima elemen yang diyakini berkaitan dengan orang dan jaringan tubuh manusia, yaitu elemen kayu, api, tanah, logam dan air. Setiap elemen menghadirkan energi tertentu dengan karakteristik yang khas serta saling berhubungan dengan unsur-unsur lainnya. Adanya ketidakseimbangan diantaranya bisa menjadi penyebab penyakit.

4. Akupuntur
Akupuntur adalah stimulasi bagian-bagian luar tertentu dari tubuh yang disebut dengan acupoint atau titik akupuntur. Qi seseorang atau energi vital bersirkulasi melalui tubuh dalam serangkaian saluran dan dapat diarahkan dengan merangsang tubuh bagian luar dengan jarum stainless steel yang sangat halus. Terdapat lebih dari 300 titik akupuntur yang diidentifikasi berkaitan dengan masalah kesehatan tertentu.

5. Herbal
Praktisi pengobatan tradisional Cina menggunakan lebih dari 600 jenis tumbuhan untuk meracik ramuan untuk mengobati ketidakseimbangan energi dan penyakit. Tanaman seperti ginseng dan jahe merupakan bahan dasar dari berbagai pengobatan herbal. tetapi, beberapa ramuan tergantung pada mnineral dan bagian-bagian hewan seperti kulit tiram atau tanduk rusa.

6. Qigong
Qigong adalah postur gerakan kuno yang dipraktikkan untuk membuat aliran qi atau energi vital lebih baik. Qigong medikal terdiri dari bagian internal dan eksternal. Qigong internal yang mengandalkan gerakan, pernapasan dan visualisasi dipraktekkan oleh pasien sendiri. Sedangkan qigong eksternal mirip dengan terapi sentuhan. Master qigong melakukan penyembuhan pada orang sakit melalui transfer qi.

Secara umum, praktik pengobatan tradisional Cina memang memiliki banyak perbedaan dari metode pengobatan yang kita ketahui. Pengobatan tradisional Cina memang tergolong unik, kan?. Tertarik untuk mencoba?(merdeka/data2)

Check Also

Menanam Tanaman Lidah Buaya Ternyata Kurangi Dampak Polusi

Waspada.co.id – Berdasarkan pantauan AirVisual beberapa waktu lalu, Jakarta dinobatkan menjadi kota dengan polusi udara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.