Home / Ragam / Gaya Hidup / 5 Tips Ajak Anak Makan Makanan Sehat
Ilustrasi

5 Tips Ajak Anak Makan Makanan Sehat

WOL – Kebanyakan anak anak sangat sulit untuk diajak makan. Konon lagi mengajak anak makan makanan sehat seperti sayuran. Mengajarkan dan meyakinkan anak-anak mengenai makanan yang baik atau buruk memang bukan tugas yang mudah.

Mereka biasanya memutuskan sendiri apa makanan yang mereka inginkan. Jika demikian, apa yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajarkan mereka mana yang baik dan buruk butuh trik khusus.

Salah satu kuncinya adalah bagaimana mengkonsumsi dan memelihara kebiasaan makan makanan sehat. Berikut ini lima tips mengajarkan buah hati menghindari godaan makanan buruk seperti dilansir Boldsky.

1. Selalu siapkan makanan di rumah
Pastikan anda selalu menyediakan waktu menyiapkan makanan di rumah. Jika anda selalu makan keluar atau membawa makanan dari luar, pada akhirnya buah hati anda akan memiliki kebiasaan makanan yang tidak sehat dan higienis. Meski anda punya bahan terbatas, tetap usahakan untuk memasak.

2. Libatkan anak ketika berbelanja sayuran
Ini merupakan langkah penting dalam menumbuhkan kebiasaan makan sehat pada anak-anak. Bawa mereka berbelanja buah-buahan, sayuran, dan bahan makanan lainnya. Jika mereka memilih bahan yang bernutrisi, puji mereka. Jika tidak, jelaskan kenapa makanan tersebut tidak baik untuk mereka.

3. Libatkan anak ketika memasak di rumah
Masaklah makanan sehat yang telah dipilih anak dengan lezat sehingga mereka menyukainya dan menjadikannya bagian dari makanan keseharian mereka. Jika buah hati anda sudah lebih besar, ajarkan mereka memasak sederhana. Dengan begitu mereka juga akan menghargai usaha untuk makanan yang sudah disiapkan.

4. Buatkan bekal makan siang yang menarik
Bungkus luar yang menarik adalah yang paling disukai anak-anak. Jadi usahakan untuk membuat bekal makan siangnya semenarik mungkin.

5. Biasakan makan bersama dan bicarakan tentang pilihan makanan sehat
Pastikan untuk menyediakan setidaknya satu kali sehari untuk makan bersama di meja makan. Berikan ruang untuk mendiskusikan tentang makanan sehat, meski pada awalnya anak-anak tidak tertarik pada akhirnya mereka pasti akan tertarik. (viva/ags/sari/data2)

Check Also

Demensia, Datang Dari Gaya Hidup Buruk

Waspada.co.id – Tak ada yang menjamin demensia hanya muncul pada mereka yang berusia senja. Gaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: