Home / Ragam / 5 Tempat Makan Terkenal di Kota Medan
WOL Photo

5 Tempat Makan Terkenal di Kota Medan

MEDAN, WOL – Kota Medan terkenal sebagai salah satu daerah yang terkenal memiliki kuliner wisata. Beragam jenis makanan menjadi buruan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, masyarakat Medan sendiri sering menyantap makanan khasnya. Berikut lima lokasi terkenal di Kota Medan:

Tip Top

WOL Photo
WOL Photo

Berdiri sejak tahun 1934, Restoran Tip Top menjadi salah satu tempat makan paling legendaris di Kota Medan. Tip Top juga tempat buruan makanan favorit bagi para traveller dan foodlovers.

Saat ini, Tip Top dikelola oleh cucu dari Jiang Kie (pendiri Tip Top) yang awalnya  mendirikan toko roti pada tahun 1929 di Jalan Pandu. Hingga akhirnya Jiang Kie mendirikan Tip Top di Jalan Ahmad Yani daerah Kesawan  pada era kolonial Belanda.

Adapun menu andalan Tip Top antara lain ice cream slagroom, steak lidah lembu, bitter balen, dan lainnya.

Mi Aceh Titi Bobrok

WOL Photo
WOL Photo

Mi Aceh Titi bobrok berdiri sejak tahun 1996. Saat itu masih sangat sulit menemui mi Aceh di Medan. Menu andalan Mi Aceh Titi Bobrok yaitu mi aceh biasa, mi Aceh seafood, teh tarik, nasi goreng, dan lainnya. Ada juga emping dan kopi Aceh.

Saat ini banyak beredar mi yang mengandung bahan kimia berbahaya, namun di sini mi-nya dibuat langsung dan diolah sendiri dengan bahan-bahan alami. Harga mi berkisar antara Rp11.000-Rp22.000.

Ucok Durian

WOL Photo
WOL Photo

Medan juga terkenal dengan duriannya. Tak heran, Medan banyak Anda temui penjual durian dari bergaya kaki lima sampai outlet dan restoran. Tidak lengkap rasanya ke Medan bila belum ke Ucok Durian karena di sini pengunjung akan disajikan durian khas Sumatera Utara.

Harganya pun beragam mulai dari Rp30.000-Rp.50.000 per buahnya. Pengunjung pun datang dalam kota, banyak juga dari luar kota. Ani, karyawan swasta asal Jakarta, mengaku wajib mampir ke Ucok Durian setiap kali datang ke Medan.

“Saya tahu Ucok Durian sejak Bang Ucok masih berjualan di emperan sampai sekarang. Yang pasti, saya wajib singgah ke sini,” ujar Ani.

Sate Padang Simpang Waspada

WOL Photo
WOL Photo

Berdiri sejak tahun 1984 yang didirikan oleh Andianis dan orang tuanya. Lokasi sate ini buka mulai pukul 16.00- 24.00 Wib. Sate simpang Waspada ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda, karena bumbu diolah langsung dan resep turun temurun. Bawang goreng yang asli juga merupakan ciri khas dari sate ini.

Pilihannya ada sate pangkal lidah, daging lembu, daging ayam serta usus, dan jantung lembu.

Harga per porsi Rp25.000 dan sate ini juga menerima pesanan dalam jumlah banyak.

Nasi Goreng Pemuda

WOL Photo
WOL Photo

Nasgor Pemuda berdiri pada tahun 2002, didirikan oleh Nafrizal. Nasi goreng ini buka mulai pukul 18.30 hingga 04.00 Wib. Ciri khas nasi goreng ini terletak pada telur semurnya. Bumbunya juga dibuat sendiri, sehingga cita rasanya tetap terjaga. Harga per porsi dibandrol Rp14.000. Selain nasgor, banyak menu lain dan nasi rambe termasuk salah satu favorit.(wol/har/mif/data2)

Editor: M AGUS UTAMA

Check Also

Koleksi Jaket dan Kostum Asian Games 2018

MENYAMBUT semangat olahraga, berbagai jaket dan baju dengan logo maupun maskot Asian Games 2018 menjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: