Home / Ragam / Gaya Hidup / 5 Suguhan Khas Imlek, Mi Tidak Boleh Ketinggalan

5 Suguhan Khas Imlek, Mi Tidak Boleh Ketinggalan


IMLEK tinggal menghitung hari. Salah satu kekhasan Imlek adalah sejumlah makanan yang disajikan. Makanan-makanan khas Imlek ini memiliki sejumlah makna filosofis.

1. Seafood

Hidangan Khas Imlek

Berbagai hidangan seafood memiliki arti berbeda-beda saat Imlek. Udang bermakna kebahagiaan yang mengiringi tahun baru. Sementara, kerang memiliki makna harta kekayaan. Artinya, dengan menyantap dua hidangan tersebut maka kebahagiaan dan kekayaan akan selalu mengiringi sepanjang tahun.

2. Mi

Hidangan Khas Imlek

Siu mi atau mi panjang yang disajikan saat Imlek berbeda dengan mi pada umumnya. Mi yang biasa disajikan saat Imlek memiliki tekstur kenyal, rasa gurih dan berbentuk panjang. Bentuknya yang panjang merupakan simbol umur panjang, rejeki melimpah dan kebahagiaan.

3. Lobak

Hidangan Khas Imlek

Lobak yang dalam bahasa mandarin disebut cai tou memiliki arti beruntung. Lobak dianggap sebagai lambang dari harapan dalam menyambut tahun baru agar selalu diiringi keberuntungan.

4. Ikan

Hidangan Khas Imlek

Ikan yang biasa disajikan saat Imlek adalah ikan bandeng karena dipercaya memberikan kelimpahan rejeki bagi siapa saja yang memakannya. Ada beberapa aturan saat menyajikan ikan, antara lain ikan yang disajikan harus dalam bentuk utuh. Hal ini dipercaya bisa menghindarkan diri dari nasib buruk.

5. Jeruk Mandarin

Hidangan Khas Imlek

Jeruk di budaya China sering disamakan dengan emas karena warnanya menyerupai atau mendekati warna emas. Jeruk mandarin yang berwarna keemasan melambangkan kemakmuran dan kekayaan yang selalu bertumbuh.

Check Also

Resep Ayam Shihlin, Kuliner Taiwan yang Renyahnya Menggoyang Lidah!

Siapa yang tidak tahu ayam shihlin? Ayam berasal dari Taiwan yang berbalut dengan tepung terigu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: