Home / Ragam / Kesehatan / 5 Manfaat Kesehatan Madu yang Telah Diakui para Ahli
foto: deherba

5 Manfaat Kesehatan Madu yang Telah Diakui para Ahli

agregasi
agregasi

 

SEJAM zaman Mesir kuno, madu telah digunakan sebagai makanan maupun obat-obatan. Cairan manis yang diproduksi lebah ini diketahui mengandung banyak senyawa tanaman yang memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Bahkan, madu diklaim lebih sehat jika dibandingkan dengan gula rafinasi. Lalu, saja manfaat kesehatan madu yang telah dibuktikan para ahli? Berikut 5 di antaranya, sebagaimana dilansir Okezone dari Health Line, Jumat (31/8/2018).

Mencegah kanker

Madu yang berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting seperti fenol, enzim, dan senyawa flavonoid dan asam organik. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi senyawa tersebut membuat madu sangat ampuh dalam menurunkan risiko sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Madu juga diklaim dapat meningkatkan kesehatan mata.

Lebih baik daripada gula

Dibandingkan dengan gula, madu diklaim sangat aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan di dalamnya dipercaya dapat menurunkan kolesterol LDL, trigleserida dan peradangan, dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa madu juga dapat meningkatkan kadar gula darah, tetapi tidak sebanyak gula olahan.

Menyembuhkan luka bakar

Mengoleskan madu pada kulit yang terkena luka bakar adalah salah satu cara ampuh untuk menghentikan pendarahan dan mengeringkannya. Teknik pengobatan ini bahkan telah digunakan sejak zaman Mesir kuno, dan masih digunakan sampai sekarang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu, ditemukan bahwa madu merupakan bahan paling efektif untuk menyembuhkanluka bakar parsial, dan luka infeksi pasca operasi.

madu

Meredakan batuk pada anak

Batuk adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak. Penyakitini bisa memengaruhi kualitas tidur dan tumbuh kembang mereka. Jika tidak diatasi sedini mungkin, batuk bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Di Indonesia sendiri, ISPA menduduki peringkat pertama sebagai penyakit yang paling banyak diderita masyarakat, khususnya anak-anak. Salah satu obat paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini adalah madu.Sebuah studi menemukan, madu dipercaya dapat mengurangi gejala batuk sekaligus memperbaiki kualitas tidur pasien.

Menurunkan tekanan darah

Kandungan antioksidan yang terdapat pada madu ternyata juga ampuh untuk menjaga kesehatan jantung. Madu dipercaya memiliki khasiat menurunkan tekanan darah.Hal ini diketahui setelah dilakukan sebuah penelitian pada seekor tikus.Tikus yang meminum madu menunjukkan indikasi penurunan tekanan darah.

Check Also

7 Obat Rumahan untuk Mengobati Bronkitis

  BRONKITIS merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia. Biasanya, pasien akan meminum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: