Home / Ragam / Gaya Hidup / 5 Makanan untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil
Kontrol Gula Darah Naik (Foto: Istimewa)

5 Makanan untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

agregasi

 

KITA sudah sering mendengar yang namanya penyakit diabetes terjadi pada orang tua atau bahkan orang yang ada di sekitar kita. Diabetes disebabkan oleh gula darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh seseorang.

Dengan penyakit ini, maka makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dan di jaga dengan ketat agar tidak salah makan dan membuat gula darah dalam tubuh menjadi semakin tinggi. Setiap makan yang dikonsumsi tentunya untuk menjaga kadar gula darah terkontrol dengan baik.

Dilansir dari Heatline, Minggu (17/6/2018) berikut lima makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap stabil dan normal.

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau sangat bergizi dan rendah kalori. Ini juga sangat rendah karbohidrat yang mudah dicerna. Bayam, kale dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin C.

Dalam satu penelitian mengatakan, meningkatkan asupan vitamin C mengurangi tanda-tanda inflamasi dan kadar gula darah untuk orang dengan diabetes tipe 2 atau tekanan darah tinggi. Selain itu, sayuran hijau adalah sumber yang baik dari antioksidan lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini melindungi mata Anda dari degenerasi makula dan katarak, yang merupakan komplikasi diabetes yang umum.

2. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang lezat dengan kandungan antioksidan yang kuat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dalam satu penelitian, pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kayu manis selama 90 hari memiliki peluang menurunkan hemoglobin A1c dua kali lipat, dibandingkan mereka yang hanya menerima perawatan standar.

Analisis terbaru dari 10 penelitian menemukan bahwa kayu manis juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Namun, beberapa penelitian telah gagal menunjukkan bahwa kayu manis bermanfaat bagi gula darah atau kadar kolesterol, termasuk satu pada remaja dengan diabetes tipe 1.

Selanjutnya, Anda harus membatasi asupan kayu manis cassia – jenis yang ditemukan di sebagian besar toko kelontong – kurang dari 1 sendok teh per hari. Karena berisi coumarin, yang terkait dengan masalah kesehatan pada dosis yang lebih tinggi.

3. Telur

Telur memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Bahkan, telur adalah salah satu makanan terbaik untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Konsumsi telur secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung Anda dalam beberapa cara.

Telur menurunkan peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik” dan menurunkan kolesterol LDL “jahat” Anda.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 2 butir telur setiap hari sebagai bagian dari diet protein tinggi mengalami peningkatan kadar kolesterol dan gula darah. Selain itu, telur adalah salah satu sumber terbaik lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari penyakit. Pastikan untuk makan telur utuh. Manfaat telur terutama karena nutrisi yang ditemukan dalam kuning telur daripada putih.

4. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah dengan manfaat kesehatan yang baik. Bahan aktifnya dapat menurunkan tingkat peradangan dan gula darah, sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, curcumin dalam kunyit tampaknya bermanfaat bagi kesehatan ginjal pada penderita diabetes. Ini penting, karena diabetes adalah salah satu penyebab utama penyakit ginjal.

Sayangnya, curcumin tidak menyerapnya dengan baik. Pastikan untuk mengkonsumsi kunyit dengan piperin (ditemukan dalam lada hitam) untuk meningkatkan penyerapan sebanyak 2.000%.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran paling bergizi di sekitar kita. Setengah cangkir brokoli yang dimasak hanya mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat yang dapat dicerna, bersama dengan nutrisi penting seperti vitamin C dan magnesium.

Studi pada penderita diabetes telah menemukan bahwa brokoli dapat membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi sel dari radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama metabolisme. Terlebih lagi, brokoli adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Antioksidan penting ini membantu mencegah penyakit mata.

Check Also

10 Penyebab Lidah Berwarna Kuning, Tak Selalu Berbahaya Tapi Harus Waspada

  BANYAK cara untuk mengidentifikasi kesehatan seseorang. Salah satunya melihat kondisi anggota tubuh tertentu seperti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: