_
Home / Ragam / 5 langkah Sampai ke Puncak Rinjani
foto:lombokleisuretour.com

5 langkah Sampai ke Puncak Rinjani

Agregasi
Agregasi

 

BOSAN dengan mal atau tempat hiburan di kota ini? Wajar saja sih. Apalagi tiap hari mungkin kita sering menelan pahit berbagai masalah di kota ini. Ketimbang meluapkan kekesalan tersebut dalam jejaring sosial dan berbuntut masalah hukum. Tak ada salahnya memilih cara yang lebih bijak. Anda bisa berlibur mengenal beberapa keindahan di bagian lain negeri ini.

Salah satunya adalah Gunung Rinjani. Terakhir mengunjungi gunung dengan ketinggian 3726 mdpl ini ada banyak kesan yang dirasakan. Pertama, kagum dengan keindahan pemandangan alam di Rinjani. Kedua, kaget bukan main karena ternyata justru lebih banyak wisatawan asing yang mengunjungi gunung ini. Ketiga, ini yang mungkin banyak jadi kekhawatiran orang yang belum pernah melakukan perjalanan ke Rinjani. Iya, betul saja. Perjalanannya memang menguras tenaga!

Tapi, rasa lelah terus terang akan sirna ketika Anda berdiri di atas Puncak Rinjani saat menyaksikan sunrise berlatar awan dan pemandangan alam sekitarnya. Nah, berikut beberapa tip sederhana agar Anda dapat sukses mencapai puncak Rinjani.

Latih stamina

Bayangkan Anda akan menghabiskan waktu berjalan kaki berjam-jam kurang lebih 15 jam. Tergantung seberapa banyak Anda beristirahat. Jadi, jelas kondisi fisik dan stamina yang prima harus sangat diperhatikan. Aktivitas fisik yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk mendaki adalah jogging. Dengan rutin melakukan jogging perjalanan untuk bisa sampai ke puncak Rinjani bukan lagi mustahil. Cobalah atur jadwal untuk jogging paling tidak sebulan full sebelum keberangkatan Anda.

Sewa porter

Inilah sosok yang akan menjadi pahlawan Anda untuk bisa sukses mendaki Rinjani. Mereka akan bertugas membawakan peralatan, memasak makanan dengan cita rasa yang tak perlu diragukan, menentukan arah jalan dan juga tak ketinggalan sebagai pemompa semangat. Bahkan jika Anda merasakan lelah dan pegal-pegal mereka tak segan untuk memberikan jasa pijat. Tarif porter di Rinjani berkisar dari 200-400 ribu/hari. Bergantung pada jasa yang diberikan dan musim liburan.

Proporsional

Ini yang harus dicamkan baik-baik! Semua harus sesuai pada porsinya. Mulai dari menentukan barang apa saja yang akan dibawa, lama perjalanan yang akan ditentukan, istirahat, bahkan makan dan minum. Disinilah pelajaran hidup akan banyak ditemukan. Misalkan Anda lapar. Jangan coba-coba makan berlebihan karena yang ada setelah makan Anda tak akan kuat lagi melanjutkan perjalanan.

Atau jika Anda haus, jangan coba-coba minum sepuasnya sesuai dengan nafsu Anda. Jika minum terlalu banyak Anda akan kembung dan ingatlah di sana tak ada warung. Atur kebutuhan air Anda sebaik-baiknya sampai turun lagi ke bawah. Jadi, semua harus proporsional.

Perlengkapan

List semua perlengkapan yang Anda butuhkan. Jangan sampai karena lupa membawa salah satu perlengkapan, niatan Anda sampai ke puncak tergagalkan. Atau Anda akan melakukan perjalanan yang membahayakan karena tak punya perlengkapan lengkap. Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan adalah jaket parasut, jaket tebal, hand glove, senter, trekking stick, sun block, sun glasses, topi, sepatu gunung, tenda dan beberapa obat-obatan.

Jangan malu mengatakan capek

Ini biasanya tantangan yang sulit diatasi. Entah karena ambisi, malu atau ingin merasa tangguh. Tapi, percayalah hal tersebut sia-sia jika Anda terapkan saat mendaki gunung. Mulai dari trek padang savana, perbukitan, hingga batuan curam dan berpasir akan Anda lalui. Sangat wajar kalau Anda merasakan lelah. Jadi, akui saja dan minta waktu beristirahat kalau sudah terlalu lelah. Ingatlah juga porter tersebut adalah pelayan Anda. Tak mungkin ia meninggalkan Anda sendiri. Sebenarnya inilah kunci utama Anda untuk bisa sampai ke Rinjani. Berusaha jadi diri sendiri. Kalau memang lelah katakan saja!

Check Also

Sumut Sangat Butuh SDM Pariwisata

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) gencar mengembangkan pariwisata, apalagi Danau Toba masuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.