Breaking News
Home / Ragam / Kesehatan / 5 Langkah Agar Tidur Lebih Lelap
Ilustrasi
Ilustrasi

5 Langkah Agar Tidur Lebih Lelap

WOL – Tidur malam yang lelap dapat membantu meningkatkan energi dan produktivitas, serta berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Itu juga membuat mood Anda jadi lebih baik. Namun sayangnya, beberapa dari kita memiliki masalah tidur, seperti insomnia, yang membuat mereka tidak bisa menikmati tidur malam yang berkualitas. Nah, berikut adalah lima tips membuat tidur malam Anda jadi lebih lelap.

1. Mematuhi jadwal tidur
Pergilah tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangun pula di waktu yang sama setiap pagi, meski itu di akhir pekan sekali pun. Rutinitas tidur yang teratur membuat jam biologis Anda akan stabil, sehingga Anda akan bisa beristirahat lebih baik.

2. Tidak berolahraga 4 jam sebelum tidur
Latihan aerobik selama 30 menit dapat meningkatkan suhu tubuh Anda dan itu akan terjadi selama sekitar 4 jam. Kondisi itu tentu akan menghambat tidur Anda. Jadi jangan melakukan latihan fisik 4 jam sebelum tidur.

3. Hindari kafein
Hindari kafein seperti kopi, teh, dan minuman berkarbonasi. Kafein adalah stimulan yang akan membuat tubuh terjaga selama sekitar 8 jam, jadi jangan mengonsumsi kafein. Sebab, itu akan mencegah otak memasuki tidur yang nyenyak atau bahkan mencegah Anda tidur sama sekali.

4. Ritual sehat
Sebelum tidur, sikat gigi dan bersihkan kamar tidur Anda. Kemudian bersantailah di tempat tidur, membaca buku kesukaan Anda atau berlatih pernapasan dalam.

5. Mengatur suhu kamar
Para ahli menyarankan suhu kamar sekitar 18-20 derajat Celcius untuk membuat tidur malam Anda menjadi lebih lelap. Anda juga bisa mandi air hangat sebelum tidur untuk membuat tidur Anda jadi lebih lelap.

Inilah lima tips membuat tidur malam Anda jadi lebih lelap dan berkualitas. Tidur malam yang berkualitas baik dapat menyokong produktivitas Anda dan membuat Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan. (merdeka)

Check Also

foto: billboard

Ed Sheeran Sampaikan Maaf pada Fans Indonesia

JAKARTA, WOL – Gagal berkunjung dan konser di Indonesia, Ed Sheeran rupanya tidak diam saja. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.