Breaking News
Home / Ragam / Kesehatan / 5 Kebiasaan Ini Ancam Kesehatan Ginjal, Waspadalah!
foto : istimewa
foto : istimewa

5 Kebiasaan Ini Ancam Kesehatan Ginjal, Waspadalah!

WOL – Kesehatan ginjal merupakan hal yang harus diperhatikan oleh semua orang. Ini karena ginjal memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menyaring ‘ampas’ metabolisme tubuh.

Saat kesehatan ginjal terganggu, kadar garam dan unsur kimia dalam tubuh menjadi tidak teratur. Hal ini membuat orang yang mengalaminya perlu melakukan cuci darah (hemodialisis), atau tindakan pembedahan seperti transplantasi ginjal.

Faktanya, kesehatan ginjal itu sendiri tidak hanya bisa terganggu akibat penyakit tertentu. Sebab beberapa kebiasaan sehari-hari juga dapat menyebabkan terganggunya kesehatan ginjal. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dimaksud:

Terlalu banyak garam
Selain buruk bagi jantung, terlalu banyak konsumsi garam juga menganggu kesehatan ginjal. Salah satu tanda tubuh Anda kebanyakan garam adalah keluarnya kalsium dan natrium saat buang air kecil. Parahnya, semakin banyak kalsium yang terkandung pada urine, risiko Anda terkena batu ginjal juga semakin tinggi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali
Tekanan darah normal didefinisikan sebagai tekanan sistolik di bawah 120 mm/Hg, dan tekanan diastolik di bawah 80 mm/Hg. Jika Anda menderita darah tinggi, dan tidak mempertahankan tekanan darah di angka itu, bukan tidak mungkin pembuluh darah Anda yang menuju ke ginjal akan rusak, dan menganggu kesehatan ginjal.

Merokok
Merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Dengan ini, rokok secara tidak langsung menjadi cikal-bakal terganggunya kesehatan ginjal. Sebuah studi di tahun 2012 menyebutkan bahwa berhenti merokok dapat mengurangi risiko karsinoma sel ginjal sebesar 40%.

Kurang minum
Kurang minum memicu dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan memiliki waktu yang lebih lama untuk menjaga tekanan darah. Ginjal adalah salah satu organ yang sangat sensitif terhadap aliran darah.

Minum suplemen sembarangan
Bahan berbasis tumbuhan (asam aristolochic) yang ditemukan pada beberapa obat tradisional dapat menyebabkan jaringan parut pada ginjal. Di samping itu, jumlah vitamin yang berlebihan dan ekstrak tumbuh-tumbuhan tertentu juga turut berkontribusi pada kerusakan ginjal.

Mana dari sederet kebiasaan di atas yang tanpa disadari sering Anda lakukan? Mulai sekarang, hentikan, agar kesehatan ginjal Anda lebih terjaga. (klikdokter/leh)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.