Breaking News
Home / Ragam / Gaya Hidup / 5 Kartini Mancanegara yang Melegenda, Siapa yang Menginspirasi Anda?
Corazon Aquino (Foto: Thefamouspeople)
Corazon Aquino (Foto: Thefamouspeople)

5 Kartini Mancanegara yang Melegenda, Siapa yang Menginspirasi Anda?

agregasi
agregasi

 

SOSOK perempuan tidak bisa dianggap lemah dan tidak bisa melakukan hal penting dalam kehidupan ini. Lihat saja bagaimana peran R.A. Kartini untuk Indonesia, di mana berkat pribadi yang semangat, pendidikan di Indonesia bisa merata dan martabat perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tapi, apakah Anda sadar bahwa sosok Kartini ini bukan hanya ada di Indonesia, melainkan di banyak Negara juga. Perannya untuk Negara pun sama besarnya seperti apa yang dilakukan R.A. Kartini untuk Indonesia.

Nah, siapa saja sosok perempuan di belahan bumi sana yang menjalankan peran cukup penting seperti R.A. Kartini untuk Indonesia?

1. Indira Gandhi

Perempuan ini tinggal di India dan namanya melambung setelah jabatannya memimpin sebuah partai politik. Pada 19 Januari 1966, Indira terpilih sebagai Ketua Partai Kongres untuk menggantikan Lal Bahadur Shasti.

Tidak hanya itu, Indira juga berhasil menduduki kursi Perdana Menteri dan dia menjadi perdana menteri perempuan pertama di India. Namun, sayang sungguh sayang, Indira tewas dibunuh pada 1984 karena aksi teror.

(Foto: Squarespaces)

2. Margaret Thatcher

Margaret Hilda Thatcher lahir di Grantham, Lincolnshire, Inggris. Perempuan ini adalah Perdana Menteri Britania Raya pada 1979-1990. Di posisinya itu, Margaret menjadi satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai perdana menteri. Ada sejarah di balik perannya di pemerintahan. Jadi, Margaret pernah mengeluarkan filosofi politik yang dikenal dengan sebutan Thatcherisme.

(Foto: Express)

3. Corazon Aquino

Nama lengkap perempuan ini adalah Maria Corazon Sumulong Cojuangco Aquino. Dia lebih dikenal dengan ‘Cory Aquino’ yang merupakan Presiden Filipina pada 1986-1992. Cory pun dijuluki sebagai presiden perempuan pertama di Asia.

(Foto: Thefamouspeople)

4. Golda Meir

Siapa sangka, perempuan yang memilii nama lengkap Golda Mabovitch itu merupakan salah satu pendiri negara Israel. Dia pun menjadi perempuan pertama yang menjadi Perdana Menteri Israel dan menjadi perdana menteri ketiga di seluruh dunia.

(Foto: Israelseen)

5. Eva Peron

Eva pernah menjadi ibu Negara Argentina saat bersuami Presiden Juan Peron. Sebelum menjadi tokoh politik sebuah negara, ternyata Eva dulunya adalah aktirs yang cukup populer di Argentina. (hel)

(Foto: Worldhistory)

Check Also

foto: Okezone

Kurni, Kartini Dari Suku Anak Dalam Jambi

JAMBI, Waspada.co.id – Kurni (13), salah seorang Kartini yang berasal dari Kelompok Tumenggung Ngelam Suku ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.