Home / Ragam / Kesehatan / 5 Fakta Ini Buktikan kalau Udang Itu Makanan Sehat
Olahan Udang (Foto: Imirante)

5 Fakta Ini Buktikan kalau Udang Itu Makanan Sehat

agregasi

 

SIAPA yang tak suka makan udang? Rasanya yang cenderung gurih dan sedikit manis bisa membuat Anda ketagihan hingga tak cukup sekali makan. Para ahli mengklaim bahwa makanan satu ini bisa membantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi rutin.

Udang yang biasa dimakan punya dua jenis, yakni udang air tawar dan udang laut. Keduanya sama-sama mengandung nutrisi yang baik.

Bagaimana tidak, udang menjadi sumber asam lemak omega 3 yang baik dan protein yang dapat membantu menurunkan berat badan. Di samping itu, banyak kandungan nutrisi yang baik dari udang yang aman dikonsumsi, khususnya bagi Anda yang tak punya riwayat alergi.

Terlebih, Anda harus menyimak fakta dari udang yang menarik. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Jumat (6/7/2018).

Udang rendah lemak

Udang secara alami memiliki kandungan rendah lemak, jumlahnya sekira 0,16 gram lemak. Lalu, udang adalah sumber lemak tak jenuh yang sangat baik. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, udang adalah pilihan makanan rendah lemak yang sempurna. Nah, supaya tambah nikmat, kombinasikan makan udang dengan sayuran kalori lainnya seperti asparagus, tomat atau buncis yang dipanggang.

Sumber protein baik

Udang mengandung 10 gram protein dalam porsi 2 ons. Tentunya ketika seseorang ingin punya berat badan ideal harus memperbanyak asupan protein. Salah satunya ialah mengonsumsi udang, karena dapat menekan nafsu makan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di British Journal Of Nutrition, protein meningkatkan jumlah energi dalam tubuh Anda. Efeknya bisa membakar lebih banyak kalori dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Udang mengandung asam lemak omega 3

Udang juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik. Nutrisi ini membantu mengurangi peradangan dan menurunkan lemak tubuh saat dikonsumsi secara teratur. Menurut studi yang dicatat, asam lemak omega 3 juga dapat mengurangi jumlah lemak tubuh dan dapat mendorong kematian sel lemak.

Sumber vitamin yang baik

Udang kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kadar kolesterol darah. Segenggam udang juga mengandung vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, serta vitamin E. Bahan ini juga mengandung sejumlah besar vitamin B12, vitamin B6 dan niacin yang membantu tubuh Anda menghasilkan energi, memproduksi sel darah merah dan mempertahankan fungsi saraf normal.

Kaya zat besi

Ibu hamil sedikit disarankan makan udang. Sebabnya, butuh meningkatkan produksi sel darah merah. Karena pada dasarnya udang mengandung number zat besi yang baik, juga mudah dicerna oleh tubuh. Kemudian, mineral esensial lainnya dalam udang adalah seng, selenium, tembaga, dan magnesium.

Seng dan selenium, kedua mineral ini mempromosikan fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tembaga, fosfor dan magnesium membantu dalam berbagai proses metabolisme dan mempertahankan tulang yang kuat.

Check Also

Rumah Makan Unik di Dunia, dari yang di Atas Pohon hingga Bawah Laut!

  PERKEMBANGAN industri kuliner berkembang pesat. Banyak bermunculan nama-nama restoran yang mengadopsi konsep yang unik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: