_
Home / Ragam / 5 Cara Manfaatkan Instagram Sebagai ‘Guide’ Liburan
istimewa

5 Cara Manfaatkan Instagram Sebagai ‘Guide’ Liburan

WOL – Bagi para pelancong modern, traveling belum sah rasanya jika belum berbagi informasi di media sosial. Salah satunya adalah Instagram. Media sosial ini memungkinkan kita bisa berbagi foto perjalanan dari lanskap alam sampai kuliner.

Adanya fitur hashtag dan geotag juga memudahkan wisatawan untuk mencari informasi seputar destinasi yang dikunjungi. Seperti dilansir dari situs Smarter Travel, ada lima cara untuk memanfaatkan Instagram saat liburan.

1. Follow akun Instagram destinasi yang akan dikunjungi

Sebelum berangkat liburan, lebih dulu follow akun Instagram destinasi tersebut. Misal saat ingin mengunjungi Yogyakarta, akun @jogjainfo dan @jogjaculinary sangat direkomendasikan untuk di-follow.

Lewat akun-akun ini, anda bisa mencari destinasi dan tempat wisata kuliner baru atau yang sedang populer di destinasi tersebut. Anda juga bisa bertanya langsung pada admin akun tersebut.

2. Temukan akun dinas pariwisata setempat

Ada baiknya anda juga follow akun Instagram dinas pariwisata setempat. Misal, Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi memiliki akun Instagram resmi yakni @banyuwangi_tourism.

Mem-follow akun resmi seperti ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan informasi terutama seputar acara dan festival.

3. Interaksi

Salah satu keunggulan Instagram sebagai media sosial adalah anda bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal. Saat menemukan akun Instagram milik warga lokal yang menarik perhatian anda, cobalah follow dan mulai berinteraksi.

Anda bisa bertanya seputar destinasi wisata atau anda juga bisa bertemu dan mengeksplorasi kampung halamannya bersama-sama

4. Geotag

Geotag menunjukkan di mana foto tersebut diambil. Saat melihat foto yang bagus milik warga lokal atau wisatawan lain, cobalah klik lokasinya. Mengklik lokasi akan menunjukkan ke mana anda harus bertolak. Tak hanya destinasi yang spesifik, namun juga area di sekelilingnya.

5. Hashtag

Sama halnya dengan geotag, anda bisa mengeksplorasi sebuah destinasi berdasarkan hashtag. Mulai dari nama kota, nama destinasi, makanan, hingga acara seperti konser musik. (kompas/sari/data3)

Check Also

JK Ungkap Perbedaan Penanganan Konflik Aceh dan Papua

  PADANG – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyebut bahwa penanganan konflik di Aceh dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.