Home / Ragam / 4 Tata Krama di Kereta Api yang Harus Kamu Ingat
Sumber: denbima.wordpress.com

4 Tata Krama di Kereta Api yang Harus Kamu Ingat

WOL – Lain lumbung lain belalang, lain tempat lain pula tata krama yang diterapkan. Saat dalam moda transportasi hingga bertualang di destinasi tujuan, tentu ada tata krama yang harus kamu patuhi. Begitu pula saat kamu memilih kereta api sebagai moda transportasi, ada beberapa tata krama yang harus kamu tanamkan yang tentunya berbeda dengan moda transportasi lainnya.

Menjaga tata krama tentu bukan hanya berdampak positif terhadap diri sendiri, namun juga bagi orang lain di sekitarmu. Bayangkan saja jika kamu membuang sampah sembarangan, padahal ada penumpang lain di sampingmu. Hal itu tentu akan mengganggu kenyamanan orang lain, dan tak jarang akan memicu pertengkaran. Oleh karena itu, pentingnya memahami tata krama adalah prinsip dasar yang harus dimengerti setiap orang.

Mulai sekarang, cobalah untuk memahami prinsip tata krama di mana pun kamu berada, termasuk saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Setelah membeli tiket kereta api Indonesia di Traveloka, kamu hanya perlu mempersiapkan perlengkapan perjalanan untuk kemudian menikmati destinasi yang telah dirancang. Agar perjalananmu lancar dan semakin menyenangkan, berikut ini adalah beberapa tata krama yang bisa diterapkan:

1.  Jangan menaruh barang bawaan di samping tempat duduk

Dengan alasan keamanan, beberapa orang memilih untuk meletakkan tas di samping tempat duduknya. Agar lebih aman, lebih mudah memantau, atau lebih mudah mengambil perlengkapan adalah beberapa alasan penumpang yang melakukan hal tersebut. Padahal, hal ini justru dapat merugikan orang lain, khususnya penumpang di sampingmu.

Kursi kereta di kelas Ekonomi pada umumnya tidak memiliki pembatas tiap penumpang. Karena itu, saat meletakkan tas atau barang di sampingmu tentu akan mengganggu kursi penumpang lainnya. Untuk menghindarinya, pihak kerta api telah menyediakan kabin yang berada di atas masing-masing kursi penumpang. Kamu bisa meletakkan seluruh barang bawaan di sana, dengan begitu ruang dudukmu dan penumpang di sebelahmu pun tak akan terganggu. Di samping itu, kenyamanan selama di perjalanan pun akan kamu rasakan.

2. Jangan tidur di lantai kereta

Waktu tempuh perjalanan kereta api memang lebih panjang dibanding moda transportasi pesawat. Karena alasan ini pula, beberapa orang lebih memilih untuk terlelap selama perjalanan. Selain bisa membunuh waktu, kegiatan ini dianggap mampu menyimpan energi dan mengistirahatkan pikiran.

Meski begitu, kursi kereta memang bukanlah tempat yang cukup nyaman untuk tidur. Khususnya kelas Ekonomi dan Bisnis, kursi yang ditawarkan masih berupa kursi tegak yang tidak bisa diatur kemiringannya. Kondisi tersebut membuat beberapa penumpang menyiasati cara lain agar bisa tidur lebih nyaman, salah satunya adalah tidur di lantai. Padahal, hal ini dapat mengganggu penumpang lainnya. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah aktivitas ini agar perjalananmu tetap menyenangkan tanpa mengganggu orang lain.

3. Hentikan kebiasaan berlama-lama di pembatas gerbong

Atas alasan kedinginan maupun bosan di tempat duduk, beberapa penumpang memilih beranjak ke pembatas gerbong. Meski tidak menimbulkan bahaya, kegiatan ini tentu akan menganggu penumpang lain jika dilakukan terlalu sering maupun terlalu lama.

Bagaimana tidak? Pembatas gerbong merupakan letak di mana toilet bagi penumpang kereta berada. Jika kamu terus-menerus di sana, penumpang yang butuh ke toilet tentu akan terganggu. Selain dapat memperlambat lalu-lalang, keberadaanmu di sana bisa jadi menimbulkan salah paham. Penumpang lain bisa mengira jika kamu sedang dalam antrean untuk ke toilet, sehingga mereka akan terus mengurungkan niat ke sana. Untuk menghindarinya, cobalah untuk membawa bawa jaket atau selimut untuk menghangatkan diri. Kamu juga bisa membawa buku ataupun game untuk membuang rasa jenuh di kursi selama perjalanan.

4. Berinteraksi dengan penumpang terdekat

Lagi-lagi dikarenakan alasan waktu tempuh perjalanan yang cukup lama, kamu pasti akan menghabiskan waktu di perjalanan dengan banyak orang. Akan sangat membosankan jika selama perjalanan, kamu dan penumpang terdekat hanya saling diam. Karena itu, tak ada salahnya untuk mencoba berinteraksi.

Untuk memulainya, kamu bisa mencoba untuk menawarkan camilan. Selain bisa saling berbagi, dari sini kamu pun bisa membuka obrolan. Adanya interaksi antarpenumpang tentu akan membuat perjalananmu selama di kereta lebih menyenangkan. Tak hanya itu, dengan berinteraksi dengan penumpang sekitar juga akan memperlihatkan bahwa kamu memiliki rasa hormat terhadap sekitar.

Itu dia beberapa tata krama yang harus kamu patuhi selama perjalanan menggunakan kereta api. Sudahkah kamu melakukannya? Jika sudah, tetaplah penuhi tata krama tersebut. Dengan begitu, perjalanan selama di kereta api akan semakin menyenangkan dan teratur. (wol/ags)

Check Also

Pejalan Kaki Tewas Disambar “Ular Besi”

MEDAN, Waspada.co.id – Suasana di seputaran Jalan Pasar VII, Desa Tembung, Kecamatan Percut Seituan mendadak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: