_
Home / Ragam / Gaya Hidup / 3 Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Berbuka Puasa
Ilustrasi (Foto: Alarabiya)

3 Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Berbuka Puasa

“Berbukalah dengan yang manis dan tidak berlebihan”. Ungkapan ini mungkin sudah sering Anda dengar dari khotbah-khotbah di masjid atau iklan di televisi tentang berbuka puasa. Tapi percayalah, tujuan dari ungkapan itu dimaksudkan agar umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah hanya memakan tiga kurma saat berbuka puasa. Beliau tahu betul bahwa menyantap makanan berlebihan dalam kondisi perut kosong seharian penuh itu tidak baik.

Dalam dunia medis, ternyata ada juga kombinasi makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya, sebagiamana dilansir Okezone dari Food NDTV, Rabu (8/5/2019).

Buah-buahan dengan makanan berat

Berbuka puasa dengan buah-buahan memang sangat dianjurkan. Apalagi jika pilihan buah yang Anda konsumsi mengandung banyak gula. Tapi ternyata, ada satu hal penting yang harus Anda ketahui sebelumnya. Buah-buahan ternyata tidak baik jika dikonsumsi berbarengan atau berdekatan dengan makanan ‘berat’. Kandungan nutrisi pada buah jika dikombinasikan dengan mineral, lemak, dan protein yang terdapat pada makanan lain, diklaim dapat menghambat pencernaan.

Keju dengan kacang atau seafood dengan daging lainnya

Tubuh manusia diciptakan untuk mencerna mencerna satu jenis protein pada satu waktu. Mengonsumsi lebih dari satu bahan makanan berprotein justru dapat memicu komplikasi dalam sistem pencernaan Anda.

Makanan bercita rasa asam (citrus) dengan makanan berbahan dasar susu

Asam yang terkandung pada produk susu diklaim bisa mengganggu perut Anda. Selain itu, mencampurkan protein dan pati bersamaan juga dinilai bukan ide yang bagus. Jika Anda berencana langsung menikmati makanan berat saat berbuka (misalnya daging), seimbangkanlah dengan mengonsumsi sayuran segar.

Jangan terburu-buru saat menyantap makanan

Ingat hal terpenting yang harus diperhatikan saat berbuka puasa adalah menjaga ritme makan Anda. Jangan terburu-buru. Jika tubuh Anda menerima terlalu banyak makanan secara tiba-tiba setelah kosong selama satu hari penuh, justru akan menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Mulailah berbuka puasa dengan beberapa buah, yogurt, sarbat atau smoothies. Setelah beberapa saat, Anda bisa menikmati hidangan utama. Ini akan memberi waktu pada perut untuk memproses dan memastikan fungsi pencernaan berjalan dengan tepat.

Check Also

Hai Anak Kos, Ini 5 Menu Buka Puasa yang Sehat dan Gak Pake Ribet

  JAKARTA – Sebagai anak rantau, memasak menu buka puasa adalah salah satu pilihan terbaik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.